Home > Nasional

Miliki Fungsi Kesehatan, Keberadaan Posyandu di Depok Terus Meningkat

Tim penilai tersebut akan melakukan penilaian langsung ke Posyandu Subur asal Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji yang berhasil mewakili Kota Depok di tingkat Provinsi Jabar.
Kegiatan Posyandu di Depok. (Foto: Dok Republika)
Kegiatan Posyandu di Depok. (Foto: Dok Republika)

RUZKA INDONESIA -- Tim Rechecking Penilai Lomba Posyandu Tingkat Jawa Barat (Jabar) mendatangi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang diterima langsung Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Tim penilai tersebut akan melakukan penilaian langsung ke Posyandu Subur asal Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji yang berhasil mewakili Kota Depok di tingkat Provinsi Jabar.

"Kami senang mendapatkan recheking dari Tim Penilai, ini membuktikan bahwa kami berhasil meningkatkan keberadaan Posyandu di Kota Depok. Tentu dengan dukungan dan sinergi dari perangkat daerah terkait," ujar Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono usai menyambut Tim Rechecking Penilai Lomba Posyandu Tingkat Jabar di Balai Kota Depok, Jumat (02/07/2024).

Ia menjelaskan, saat ini keberadaan Posyandu memiliki fungsi yang berbeda-beda. "Keberadaan Posyandu yang utama adalah untuk meningkatkan kesehatan balita, selain itu saat ini juga difungsikan sebagai pusat edukasi dan konsultasi,"

Lanjut Imam, hadirnya Posyandu juga untuk meningkatkan ekonomi, sosial, perlindungan anak, perempuan dan pemberdayaan masyarakat.

"Untuk itu kami terus melakukan peningkatan sarana dan prasarana. Juga memberikan dana insentif untuk kader Posyandu," terangnya.

Sementara itu, Posyandu Subur yang ada di RW 02 Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji hari ini menjalani rechecking oleh tim penilai dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam tahapan lomba Posyandu Juara tingkat Jabar tahun 2024. Sebelumnya, Posyandu Subur telah mengikuti penilaian administrasi di Gedung TP-PKK Provinsi Jabar awal Agustus.

Ketua Tim Penilai Lomba Posyandu Juara, Bayu Rakhmana mengungkapkan, Kota Depok sebelumnya telah melakukan seleksi administrasi dan wawancara. Dari hasil wawancara tersebut menjadi bahan dasar untuk melakukan tinjauan di lapangan.

"Harapannya, hasil wawancara sesuai dengan apa yang ada di lapangan," harapnya saat menyampaikan sambutan pada Penerimaan Tim Recheking Penilai Lomba Posyandu Tingkat Jabar di Balai Kota Depok, Jumat (02/08/2024).

Ia menilai, Kota Depok terus berkomitmen untuk meningkatkan keberadaan Posyandu. Terbukti selama tiga tahun, pihaknya sudah tiga kali melakukan kunjungan ke Kota Depok untuk melakukan penilaian lomba Posyandu.

"Saya melihat perkembangan Kota Depok setiap tahunnya, dan terus mengalami peningkatan yang dinamis," tambah Bayu.

Seperti diketahui saat ini Kota Depok memiliki Posyandu yang jumlahnya ada 1.069 pada tahun 2024.

Untuk diketahui, Kota Depok merupakan salah satu dari 6 kota di Jabar yang mengikuti penilaian Lomba Posyandu Juara tingkat Jabar tahun 2024. Bersaing dengan, Kota Sukabumi, Kota Banjar, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kota Cirebon. (***)

× Image