Home > Gaya Hidup

Vitamin A Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Ini yang Harus Dimakan

Vitamin A bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga penglihatan, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga mengurangi risiko penyakit kronis.
Beragam buah-buahan yang mengandung Vitamin A.
Beragam buah-buahan yang mengandung Vitamin A.

ruzka.republika.co.id - Vitamin A bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga penglihatan, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga mengurangi risiko penyakit kronis.

Vitamin A terdiri dari dua jenis, yaitu retinoid yang berasal dari produk hewani dan karotenoid yang berasal dari buah dan sayuran. Nutrisi ini merupakan salah satu nutrisi yang memainkan peran penting dalam tubuh.

Mendapatkan vitamin A dalam jumlah yang cukup dari makanan akan mencegah gejala kekurangan, yang meliputi rambut rontok, masalah kulit, mata kering, rabun senja dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi.

Karena vitamin A larut dalam lemak, vitamin A lebih efisien diserap ke dalam aliran darah bila dimakan dengan lemak.

Sebagian besar makanan hewani kaya vitamin A dan juga tinggi lemak, tetapi hal yang sama tidak berlaku untuk sebagian besar sumber provitamin A nabati.

Anda dapat meningkatkan penyerapan provitamin A dari sumber tanaman, contohnya dengan menambahkan sedikit minyak (contoh minyak zaitun) ke salad Anda.

Namun, beberapa orang memiliki mutasi genetik yang membuat konversi provitamin A menjadi vitamin A menjadi kurang efisien.

Karena itu, para vegan harus mengonsumsi suplemen atau memastikan untuk makan banyak buah dan sayuran.

Untungnya, makanan yang kaya vitamin A biasanya mudah didapat dan sebagian besar merupakan tambahan yang sangat baik untuk diet sehat.

Berikut adalah deretan makanan yang tinggi vitamin A:

Hati Sapi — 713% nilai harian (DV) per porsi

Hati Domba — 236% DV per porsi

Minyak Hati Ikan Kod — 150% DV per porsi

Ikan Makarel — 43% DV per porsi

Ikan Salmon — 25% DV per porsi

Keju Kambing — DV 13% per porsi

Butter — 11% DV per porsi

Keju Cheddar — 10% DV per porsi

Telur Rebus - 8% DV per porsi

Kaviar — 5% DV per porsi

Vitamin A memiliki beragam manfaat yang diperlukan oleh tubuh manusia, antara lain:

1. Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat vitamin A yang paling terkenal adalah dapat menjaga kesehatan mata. Mencukupi kebutuhan nutrisi ini terbukti mampu melindungi mata dari kerusakan sel, menjaga penglihatan tetap taham, dan menurunkan risiko munculnya berbagai penyakit mata, seperti rabun senja dan degenerasi makula terkait usia.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Selain bermanfaat untuk penglihatan, mencukupi asupan vitamin A dari makanan juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik, sehingga kuat melawan serangan penyakit.

3. Menjaga kesehatan organ reproduksi

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi perkembangan sperma dan sel telur. Itulah sebabnya, diperlukan asupan vitamin A yang cukup untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan pria maupun wanita.* (Yayan)

× Image