Home > Lingkungan

Kalbe Morinaga Indonesia Gunakan PLTS Atap Guna Tekan Emisi Karbon

Kalbe Morinaga Indonesia mendukung gerakan nasional menuju transisi energi bersih dan berkelanjutan.
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap berkapasitas milik PT Kalbe Morinaga Indonesia di Kawasan Industri Indotaisei, Cikampek, Jawa Barat. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap berkapasitas milik PT Kalbe Morinaga Indonesia di Kawasan Industri Indotaisei, Cikampek, Jawa Barat. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA - Sebagai upaya mendukung target pemerintah Indonesia mencapai nol emisi karbon pada tahun 2060, PT Kalbe Morinaga Indonesia bersama PT Aruna Cahaya Pratama dan PT Tatajabar Sejahtera meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap berkapasitas 1245,87 kWp di pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri Indotaisei, Cikampek, Jawa Barat.

PT Kalbe Morinaga Indonesia, sebagai bagian strategis dari Kalbe Group, memperkuat posisinya sebagai pelopor dalam penggunaan energi terbarukan di industri nutrisi, melalui langkah konkret seperti instalasi PLTS Atap di fasilitas Cikampek. Inisiatif ini menegaskan peran Kalbe Morinaga Indonesia dalam mendukung gerakan nasional menuju transisi energi bersih dan berkelanjutan.

Dengan instalasi PLTS Atap ini, PT Kalbe Morinaga Indonesia, yang merupakan bagian dari Kalbe Group, mampu mengurangi emisi karbon hingga 1.166 ton CO2 per tahun. Proyek ini melanjutkan kesuksesan serupa yang sebelumnya diterapkan di fasilitas Kalbe Nutritionals, yang mampu mengurangi emisi hingga 2.104 ton CO2 per tahun.

"Sebagai bagian dari upaya mendukung target pemerintah Indonesia mencapai nol emisi karbon pada tahun 2060, kami merasa bertanggung jawab untuk turut serta mengambil langkah-langkah proaktif demi masa depan yang lebih hijau. Kami percaya setiap langkah menuju keberlanjutan, sekecil apapun, akan memberikan inspirasi dan dampak positif bagi generasi mendatang," ujar Andy Chendra, President Director PT Kalbe Morinaga Indonesia.

Dengan teknologi terbaru yang diimplementasikan dalam PLTS Atap ini, Kalbe Morinaga Indonesia mampu memaksimalkan efisiensi pemanfaatan energi surya, memastikan setiap kWh energi yang dihasilkan dimanfaatkan secara optimal. Teknologi pemantauan energi canggih memungkinkan perusahaan untuk terus meningkatkan efisiensi, menjadikan Kalbe Morinaga Indonesia sebagai salah satu fasilitas produksi terdepan di Indonesia yang sepenuhnya didukung energi terbarukan.

Instalasi PLTS Atap ini menjadi salah satu wujud nyata kepedulian PT Kalbe Morinaga Indonesia terhadap krisis lingkungan yang semakin memburuk.

“Kami merasa bangga atas sinergi yang terjalin dengan PT Kalbe Morinaga Indonesia dalam instalasi PLTS Atap. Kerja sama ini merupakan langkah penting menuju pencapaian visi bersama untuk menciptakan lingkungan bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Saya yakin bahwa adopsi teknologi PLTS akan membawa dampak positif yang signifikan dalam pengelolaan energi dan peningkatan efisiensi operasional,” ungkap Robby Eduardo Quento, Presiden Direktur PT Aruna Cahaya Pratama.

Hengky Angkiriwang, Asst. General Manager PT Tatajabar Sejahtera turut mengapresiasi kolaborasi yang terjalin dalam pembangunan PLTS Atap di pabrik PT Kalbe Morinaga Indonesia. “Proyek ini menjadi bukti nyata komitmen PT Kalbe Morinaga Indonesia dalam mendukung Gerakan Pengurangan Emisi Karbon di Indonesia dan memenuhi kebutuhan energi hijau, yang mencapai hampir 75% dari beban puncak listrik perusahaan. Dengan adanya PLTS Atap ini, kami berharap PT Kalbe Morinaga Indonesia dapat terus beroperasi secara lebih ramah lingkungan, serta menjadi contoh bagi perusahaan lain di kawasan industri untuk bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan,” ujar Hengky. ***

× Image