Home > Olahraga

Peraih Medali Emas SEA Games Kamboja Asal Kota Depok Turun Gunung ke BK PON 2024

Peraih Medali Emas SEA Games Kamboja Asal Kota Depok ikut PON 2024
Ketua KONI Depok Herry Suprianto9

ruzka.republika.co.id - Sebanyak 28 atlet Kota Depok dari 10 cabang olahraga (cabor) ikut Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Peraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja pun turun gunung.

Para atlet kota Depok bertarung di cabor masing-masing untuk masuk kontingen Jawa Barat. Tak ada tiket gratis ke Sumatera Utara dan Aceh selaku tuan rumah PON XXI 2024. Tanpa terkecuali atlet SEA Games Kamboja.

Dari 28 atlet Depok yang berjibaku tiga atlet berhasil lolos. Mereka tampil dalam dua cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Sejauh ini baru dua cabor yang dipertandingkan yakni atletik dan gate ball. Kami bangga tiga atlet Depok berhasil lolos kualifikasi PON XXI 2024," kata Herry Suprianto, Ketua KONI Depok.

Ketiga atlet tersebut adalah Rikki Simbolon cabor atletik nomor lari 10.000 meter dan Maria dan Romaji dari cabor gate ball. Sedangkan atlet lainnya masih bertanding untuk memperebutkan tiket ke Sumatera Utara dan Aceh.

Perjuangan menembus PON XXI memang tidak mudah. Banyak lintasan yang harus dilalui. Setelah berprestasi di PORPROV Jawa Barat 2022, para atlet asal kota Depok masuk Pelatda BK PON Jawa Barat.

"Tentu hal tersebut sangat membanggakan. Perjuangan untuk berada dalam posisi tersebut tidak mudah. Persaingan olahraga prestasi di Jawa Barat sangat ketat sekali," jelas Herry.

Lebih lanjut diungkapkan Herry bahwa Jabar adalah provinsi terbaik dalam capaian prestasi. Hal ini dapat dilihat dengan 2 kali berturut-turut keluar sebagai juara umum PON yakni di Jabar pada 2016 dan Papua 2021.

"Saya berharap atlet kita dapat lolos sebanyak-banyaknya di BK PON tersebut, sehingga bisa beraksi pada PON tahun 2024," tutur Herry.

Herry meminta para atlet fokus menjalani pertandingan BK PON serta menjaga kesehatan dan disiplin dalam latihan. Terus melambungkan nama Depok lewat dunia olahraga.

"Saya berharap perwakilan atlet asal kota Depok dalam memperkuat Tim Jabar ini dapat memberikan motivasi bagi para atlet kita yang lain untuk menuai berprestasi," Herry menambahkan.

Rikki Simbolon yang sudah dipastikan lolos ke PON XXI Sumatera Utara dan Aceh 2024 patut dijadikan panutan. Dia bukan hanya atlet level PON. Rikki juga peraih medali emas SEA Games Kamboja 2023 lalu.

Atlet Depok lainnya yang juga berkontribusi terhadap bangsa dan negara adalah Rudiansyah dari cabor dayung. Dia memperoleh medali 3 emas, 1 perak dan 3 perunggu di SEA Games Kamboja.

Rudiansyah ikut menyumbang medali emas dari nomor tradisional boat race - Men's TBR 12 Crew U24 250 meter. Sedangkan Adam Yazid Ferdiansyah dari cabang olahraga taekwondo menyumbang medali perunggu di nomor men’s kyorugi -68 kg.

Total ketiga atlet asal Kota Depok, turut menyumbangkan medali 4 emas, 1 perak dan 4 perunggu, dengan total 9 medali dari 87 medali emas, 80 perak dan 109 perunggu yang berhasil diraih Kontingen Indonesia pada SEA Games Kamboja 2023. Olahraga di Kota Depok dibawah kepemimpinan Herry Suprianto tengah berkembang. Bukan hanya ikut ambil bagian kontingen Jawa Barat di PON Papua 2021 tapi juga ikut mengibarkan bendera merah putih di pesta olahraga Asia Tenggara.*suryansyah

× Image