Home > Gaya Hidup

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Ada delapan cara dalam menjaga kesehatan telinga. Pertama, tidak mengorek telinga dengan benda apapun. Kotoran telinga akan keluar sendiri secara alami
Ilustrasi. Tips menjaga kesehatan telinga. Foto: Republika

ruzka.republika.co.id - Tips menjaga kesehatan telinga perlu diperhartikan yang mungkin sering dilakukan.

Telinga adalah organ tubuh untuk mendengar, nah beriktu ini tips menjaga kesehatan telinga dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Jatijajar, Kota Depok.

Ada delapan cara dalam menjaga kesehatan telinga. Pertama, tidak mengorek telinga dengan benda apapun. Kotoran telinga akan keluar sendiri secara alami.

Baca juga: Ular Kobra Panjang 1,5 Meter Dievakuasi Petugas Damkar di Saluran Air Rumah Warga Depok

Kedua, bersihkan telinga hanya pada bagian luarnya saja. Ketiga hindari suara bising dalam waktu yang lama.

Keempat, gunakan Alat Pelindung Diri (APD) khusus telinga, seperti ear muff atau ear plug saat melakukan pekerjaan berisiko (bekerja di tempat bising).

Kelima, jika ingin mendengarkan sesuatu menggunakan earphone ataupun headphone, masyarakat dapat menggunakan rumus 60:60 atau gunakan 60 persen dari volume maksimal dan istirahat setelah 60 menit pemakaian.

Baca juga: Pemerintah Kota Depok Minta BPJT Lebarkan Jalan Raya Sawangan untuk Kurangi Kemacetan

Keenam, lakukan pemeriksaann teinga secara berkala. Pemeriksaan dapat dilakukan setiap enam bulan sekali di fasilitas pelayanan kesehatan.

Lalu ketujuh, segera segera berobat jika mengalami pilek disertai nyeri di bagian telinga, seperti rasa penuh, kurang dengar, keluar cairan dan masuk benda atau binatang.

Kedelapan, menjaga kebersihan yaitu mencuci tangan, mandi dengan sabun dan air mengalir. (Supriyadi)

× Image