Honda CB900F Kini Hidup Kembali, Si Raja Naked Retro Siap Nyapres di Era Modern

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- Kalau kamu pikir motor legend cuma jadi cerita nostalgia, siap-siap dibikin terpana lagi sama kabar soal Honda CB900F.
Yup si legenda 900cc itu kabarnya 'bangkit dari tidur panjang' dan siap jadi raja retro naked terbaru buruan pantau karena aura klasiknya bakal bikin jantung pecinta motor nostalgia berdebar!
Dari Konsep ke Kenyataan?
Honda sebelumnya pernah memperkenalkan konsep CB-F, motor yang seakan salam hormat buat CB900F era 1980-an.
Baca juga: Toyota Wildlander Siap Meluncur, Bersaing dengan Mitsubishi Destinator, Ini Spesifikasinya
Desainnya full neo-retro: bodi klasik, lampu bulat LED, knalpot megafon, sampai tail cowl tajam ala Freddie Spencer. Sayangnya, itu cuma konsep—belum diproduksi massal.
Tetapi kabar seru datang dari dunia otomotif global: terlihat gelagat kuat bahwa Honda sedang siapkan model retro besar, berkapasitas sekitar 1.000cc, dan berbasis mesin dari Hornet 1000—mesinnya CBR1000RR lawas.
Jadi, bisa diprediksi gaya klasik ala Bol d’Or akan dihidupkan ulang, disandingkan teknologi modern.
Baca juga: Kado HUT Ke-80 RI, Pertamina Gelar Promo Pembelian Bright Gas Isi Ulang
CB900F: DNA Superbike Nostalgia yang Terus Menyala
CB900F sendiri punya sejarah panjang. Model pertamanya muncul sekitar 1979–1983 dengan mesin 901cc DOHC inline-four, tenaga hingga 95 hp, tersedia di Amerika Serikat pada 1981–1982. Selain itu, CB900F (alias Hornet 900 atau 919) era 2002–2007 juga punya tempat tersendiri di hati penggemar naked bike.
Konsep CB-F disebut sebagai penerus warisan itu—meski modern, tetap menghormati desain klasik. Bayangkan saja: mesin 998cc, rangka backbone ringan, suspensi upside-down, serta nuansa CB legendaris yang dibawa ke zaman sekarang.
Apa Kata Netizen?
Dari komentar di Reddit mengenai CB1000F concept (yang dianggap “saudara dekat” CB900F), terlihat reaksi antusias pecinta motor retro-modern.
“I love the classic UJM looks, happy to see them making a comeback.”
“Personally, I think it looks amazing.”
Ini menunjukkan kalau pasar motor retro bergaya sempurna sama yang diidam-idamkan oleh komunitas.
Baca juga: 80 Tahun Kemerdekaan, Lapangan Pekerjaan untuk Semua Topang Pilar Indonesia Emas 2045
Potensi Jadi Raja Retro Naked?
Kalau Honda benar-benar mewujudkan CB900F versi terbaru—entah kembali dengan nama CB900F atau saudara CB-F yang bekerja sama dengan mesin 1.000cc—motor ini bisa jadi sang raja retro naked bike. Alasannya?
1. Nostalgia kuat: desain klasik yang bukan hanya estetika, tapi warisan Honda CB Series.
2. Performa modern: mesin CBR1000RR lawas terkenal responsif.
3. Teknologi kekinian: suspensi up-to-date, rem cakram, panel digital—tetap stylish dan fungsional.
4. Popularitas tinggi: munculnya tren neo-retro yang semakin digemari pasar global.
Baca juga: Yuk ke Posyandu, Dinkes Depok Sasar 83.627 Balita untuk Diberi Vitamin A
Apalagi basis dari Hornet 1000 yang sudah modern memberi indikasi bahwa CB900F versi baru bisa diproduksi massal dan menyasar pasar Asia bahkan global.
Honda CB900F memang belum resmi meluncur lagi, tapi semua petunjuk mengatakan: motor ikonik ini sedang bersiap untuk comeback besar.
Kalau benar terwujud, CB900F bakal jadi motor idol di kalangan pecinta retro—legenda hidup yang dilengkapi teknologi terkini.
Kalau kamu pecinta motor klasik atau sekadar ingin motor keren yang punya cerita, sepertinya waktu untuk “jatuh cinta lagi” enggak akan lama, tinggal tunggu Honda kasih lampu hijau! (***)
Journalist: Mumammad Hayun