Home > Ekonomi

Dekranasda Jadi 'Ibu' Pemberdayaan UKM dan IKM di Depok

Dekranasda merupakan organisasi non-pemerintah yang menjadi mitra strategis pemerintah dalam membina, melatih, dan mempromosikan produk kerajinan daerah.
Wali Kota Depok, Supian Suri bersama pengurus Dekranasda usai rapat kerja di Aula Gedung BJB, Jumat (04/07/2025). (Foto: Dok Diskominfo Kota Depok) 
Wali Kota Depok, Supian Suri bersama pengurus Dekranasda usai rapat kerja di Aula Gedung BJB, Jumat (04/07/2025). (Foto: Dok Diskominfo Kota Depok)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) memiliki tanggung jawab besar dalam memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM), serta memperluas akses pasar bagi pengrajin lokal.

“Semua yang telah dilantik dan bersedia menjadi pengurus Dekranasda punya tanggung jawab besar bagaimana produk lokal kita diminati di tingkat lokal, nasional, sampai internasional,” ujar Wali Kota Depok, Supian Suri dalam acara Rapat Kerja (Raker) Dekranasda Kota Depok, di Aula Gedung BJB Lantai 2, Jumat (04/07/2025).

Dekranasda merupakan organisasi non-pemerintah yang menjadi mitra strategis pemerintah dalam membina, melatih, dan mempromosikan produk kerajinan daerah.

Baca juga: Wali Kota Depok Supian Suri Tergerak Sukseskan Hari Puisi Indonesia 2025

Supian menganalogikan Dekranasda sebagai seorang ibu yang bertugas mendorong anak-anaknya (pelaku usaha) agar bisa naik kelas. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan Dekranasda Kota Depok untuk mewujudkan hal tersebut.

Pertama, Dekranasda diminta untuk melakukan pendataan jumlah IKM dan UMKM yang ada di Kota Depok. Setelah itu, dilakukan pemetaan potensi dan identifikasi kebutuhan produk usaha tersebut.

“Ketika sudah didata dan dipetakan, Dekranasda mendidik pelaku usaha dengan berbagai pelatihan untuk mendukung potensinya itu,” terangnya.

Baca juga: Pembangunan Stadion Internasional hingga Jalan Sawangan, Wali Kota Depok Temui Menteri BUMN dan Menteri PU

Lanjut Supian, Dekranasda juga bertugas mencarikan pembeli yang akan mengonsumsi produk lokal milik UMKM dan IKM. Salah satu caranya adalah dengan menjalin sinergi dan kolaborasi dengan mitra pemerintah.

“Dekranasda juga harus sering mengadakan event pameran. Saya targetkan Depok harus ada 12 event keren dan besar yang bisa menghadirkan banyak orang dari seluruh Indonesia di 2026 nanti,” paparnya.

Ia berharap, hadirnya Dekranasda membawa dampak positif untuk pengembangan produk lokal dan ekonomi kreatif Kota Depok.

“Kita punya tanggung jawab terhadap amanah yang dipegang, bukan hanya seremonial tapi bertanggung jawab dengan peningkatan produk lokal yang membutuhkan perhatian,” ungkap Supian. (***)

× Image