Home > Bisnis

GM PLN Jakarta ke Lokasi Banjir, Pastikan Keamanan Listrik dan Bantu Warga

Sebanyak 17.677 pelanggan telah dilakukan pengamanan aliran listrik oleh PLN.
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran (tengah) meninjau pengamanan kelistrikan di lokasi banjir Perum Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi pada Selasa (4/3/2025) sore. (Foto: Dok Ruzka Indonesia/PLN)
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran (tengah) meninjau pengamanan kelistrikan di lokasi banjir Perum Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi pada Selasa (4/3/2025) sore. (Foto: Dok Ruzka Indonesia/PLN)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK - Wilayah terendam banjir di Jakarta dan sekitarnya kian meluas, PLN terus lakukan upaya pengamanan kelistrikan bagi warga. Beberapa upaya yang dilakukan PLN di antaranya adalah mengerahkan petugas PLN untuk patroli setiap jam di rumah-rumah pompa dan wilayah yang terdampak banjir, berkoordinasi dengan RT/RW setempat, menghentikan sementara aliran listrik saat ada rumah warga atau gardu distribusi PLN yang terendam banjir, kemudian saat air sudah surut PLN kembali menyalakan aliran listrik ke rumah warga.

Dalam penanganan upaya-upaya tersebut, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran turun langsung meninjau keamanan kelistrikan bagi terdampak banjir di Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi. Wilayah ini telah terendam banjir sejak Senin (3/3) malam dengan ketinggian hampir 3 meter.

“Kami turut prihatin atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita, apalagi momen ini bersamaan dengan bulan Ramadan. Karena itu kami berkomitmen untuk mengamankan seluruh aliran listrik yang mengalir ke wilayah terdampak banjir di Jakarta dan sekitarnya,” ungkap Lasiran di Jakarta, Selasa (4/3/2025).

Lasiran juga telah menginstruksikan seluruh petugas PLN UID Jakarta Raya agar dalam kondisi siaga. Tidak hanya memastikan keamanan kelistrikan saja, tetapi juga harus turut membantu warga yang membutuhkan bantuan, seperti membantu mengungsikan warga, terutama anak-anak dan orang tua, serta memberikan bantuan peralatan lain yang dibutuhkan warga.

“Kami utamakan mengamanakan kelistrikan bagi warga. Petugas kami siap melayani 24 jam. Kami juga berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi,” ungkap Yusra Helmi, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pondok Gede.

Usai meninjau lokasi banjir, Lasiran juga memberikan bantuan dari Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UID Jakarta Raya untuk warga di wilayah Jatiasih. Penyerahan bantuan tersebut diterima oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Bekasi, Karto dan Camat Jatiasih, Ashari.

Camat Jatiasih, Ashari mengungkapkan terima kasih kepada PLN atas bantuan serta kesigapan dalam penanganan banjir.

“Terima kasih PLN atas bantuan serta kesigapan petugas-petugas PLN di lapangan dalam memastikan keselamatan warga kami. Koordinasi secara intensif akan kita lakukan terus sampai banjir surut dan warga dalam kondisi aman,” ungkap Ashari.

Sampai pukul 22.00 WIB, sebanyak 17.677 pelanggan telah dilakukan pengamanan aliran listrik oleh PLN, 46% (8.139 pelanggan) di antaranya sudah kembali menyala, sedangkan 54% (9.538 pelanggan) masih belum menyala. Beberapa wilayah yang masih diamankan listriknya di antaranya Jl. Rukun Ujung Pejaten Timur, Jl. Tanah Rendah Jatinegara, Jl. Balekambang, Jl. Lembah Pasir Pasar Rebo, Komplek IKPN Bintaro, Kemang Ifi, Perumahan Pondok Gede Permai, Perumahan Pondok Mitra, dan Jl. Bojong Kavling Cengkareng. ***

× Image