Home > Bisnis

Koperasi ANJ di Papua Barat Daya Dianugerahi Steward Leadership 25 2024

Penghargaan diberikan atas program inovatif ANJ, yaitu mendirikan Koperasi Simpan di Papua Barat Daya.
Koperasi PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) di Sorong, Papua Barat Daya, memenangkan penghargaan dalam ajang di Singapura. (Foto: Dok Ruzka Republika)
Koperasi PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) di Sorong, Papua Barat Daya, memenangkan penghargaan dalam ajang di Singapura. (Foto: Dok Ruzka Republika)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) kembali mencatat prestasi atas komitmennya yang terus mengupayakan keberlanjutan dalam meningkatkan kualitas kehidupan manusia. ANJ dinobatkan sebagai salah satu dari 25 perusahaan dengan program terbaik di kawasan Asia-Pasifik dalam ajang penghargaan Steward Leadership 25 (SL25) tahun 2024 yang dilaksanakan pada 23 Oktober 2024 di Singapura. Pencapaian tersebut diberikan atas program inovatif ANJ, yaitu mendirikan Koperasi Simpan di Papua Barat Daya.

Melalui kerja sama antara Stewardship Asia Centre, INSEAD Hoffmann Global Institute for Business and Society, WTW, dan The Straits Times, SL25 telah menjadi ajang bergengsi yang setiap tahun memberikan rekognisi bagi perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik yang berkomitmen terhadap keberlanjutan. Para pemenang SL25 dipandang telah menunjukkan bahwa pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dapat sejalan dengan upaya pelestarian lingkungan dan pengembangan sosial.

“Kami merasa terdorong melihat SL25 mendapatkan perhatian di seluruh Asia Pasifik dan sekitarnya dengan pengajuan berbagai program yang semakin berkualitas. Perubahan transformasional membutuhkan lebih dari sekadar aturan, insentif, dan pelaporan. Hal ini membutuhkan kepemimpinan yang mencerminkan keinginan dan ketekunan yang tulus untuk menciptakan masa depan yang lebih baik secara kolektif bagi para pemangku kepentingan, masyarakat, generasi mendatang, dan lingkungan. Kami berharap 25 proyek ini akan menginspirasi banyak pihak di seluruh dunia,” ujar Rajeev Peshawaria, Chief Executive Officer of Stewardship Asia Centre dalam acara Steward Leadership Summit.

Nunik Maharani Maulana, Direktur Keberlanjutan dan Komunikasi Perusahaan Grup ANJ, mengatakan bahwa pada SL25 tahun ini ANJ mengusung tema “Building a self-reliant community through savings cooperatives” (Membangun masyarakat mandiri melalui Koperasi Simpan). Koperasi Simpan diciptakan karena fasilitas perbankan sulit diakses oleh masyarakat kabupaten Sorong Selatan dan Maybrat, tempat anak perusahaan ANJ beroperasi.

“Menyadari tantangan tersebut, pada 2018 kami meluncurkan Koperasi Simpan di lingkungan anak perusahaan yang berada di Papua Barat Daya, yaitu PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) dan PT Permata Putera Mandiri (PPM). Tidak hanya kesenjangan akses teratasi, perusahaan pun turut memberdayakan karyawan dan masyarakat lokal melalui perubahan perilaku dan penyediaan layanan dasar sehari-hari,” ujar Nunik.

Sejak didirikan pada 2018, Koperasi Simpan telah berkembang dan tidak hanya menyediakan layanan keuangan, tetapi juga membuka Toko Serba Ada (Toserba) di PMP dan PPM. Toserba ini membantu menurunkan pengeluaran masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari dengan harga barang yang wajar, yang lebih murah dibandingkan sebelum ada Toserba.

“Dalam banyak hal, Koperasi Simpan merupakan agen perubahan dalam keberlanjutan. Program ini salah satu perwujudan visi dan misi ANJ untuk menjadi perusahaan yang meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan alam,” pungkas Nunik.

Selain itu, pada Kamis (24/10/2024) ANJ juga menerima penghargaan CSR Awards 2024 untuk kategori Integrity & Transparency In Impact Award dari Investortrust dan BGK (Bumi Global Karbon). Penghargaan ini menjadi pengakuan atas integritas dan transparansi perusahaan dalam menjalankan program-program sosial yang berkelanjutan, sekaligus memperkuat komitmen perusahaan untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan yang selaras dengan visi perusahaan. ***

× Image