Home > Info Sehat

Tingkatkan Kesehatan Hewan Kesayangan, Royal Canin dan Zoetis Donasikan 55.000 Vaksin Rabies

Kesehatan hewan kesayangan membutuhkan solusi nutrisi yang tepat dan pemeriksaan ke dokter hewan secara berkala.
Memperingati World Rabies Day 2024 yang bertema Breaking Rabies Boundaries, Royal Canin dan Zoetis mendonasikan 55.000 vaksin rabies untuk Indonesia. (Ist)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK - Produsen global nutrisi hewan, Royal Canin dan Zoetis mendonasikan 55.000 vaksin rabies sebagai komitmennya meningkatkan kesehatan kucing dan anjing di Indonesia bersamaan dengan memperingati World Rabies Day 2024 yang bertema "Breaking Rabies Boundaries". Jumlah donasi vaksin rabies tersebut dua kali lebih besar dibandingkan donasi vaksin pada tahun sebelumnya.

Keterangan tertulis Royal Canin dan Zoetis menyebutkan inisiatif yang telah berjalan selama tiga tahun berturut-turut ini bertujuan untuk menekankan pentingnya kerja sama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan dan kesejahteraan hewan kesayangan.

“Hal itu juga merupakan bagian dari kampanye #AyoKeDokterHewan melalui penyediaan layanan Kesehatan hewan dan pencegahan penyakit, terutama vaksinasi rabies, untuk membantu mengatasi masalah kesehatan bagi hewan kesayangan dan manusia,” tulis Royal Canin dan Zoetis pada Rabu (16/10/2024).

Ridarrahim Nirwandar, Presiden Direktur Royal Canin Indonesia menyatakan pihaknya percaya bahwa kesehatan hewan kesayangan membutuhkan solusi nutrisi yang tepat dan pemeriksaan ke dokter hewan secara berkala.

“Kemitraan kami dengan Zoetis dalam mendukung kegiatan PDHI mencerminkan komitmen kami dalam mewujudkan ‘Dunia yang Lebih Baik untuk Hewan Kesayangan’, dengan mempromosikan kesehatan hewan kesayangan, terutama kucing dan anjing, dimana hewan kesayangan dapat berkembang dalam keadaan sehat dan bahagia,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya mendorong semua orang untuk menjadi pemilik hewan kesayangan yang bertanggung jawab dengan memastikan hewan kesayangan mereka mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi secara rutin. Hal ini sangat penting untuk mencegah rabies serta melindungi kesehatan hewan kesayangan dan masyarakat umum.

Dia juga mengungkapkan studi internal berjudul Vet Visitation Research 2023 menyebutkan bahwa 7 dari 10 pemilik hewan kesayangan tidak membawa hewan kesayangannya ke dokter hewan. Selain itu, studi internal lainnya mengungkapkan bahwa hanya 10% pemilik hewan kesayangan yang memastikan hewan mereka mendapatkan vaksinasi tahunan.

“Kurangnya kesadaran di kalangan pemilik hewan ini sangat memprihatinkan. Untuk mengatasi masalah ini, Royal Canin Indonesia secara konsisten mengkampanyekan #AyoKeDokterHewan dan #AyoVaksinasi untuk meningkatkan kesadaran tentang kesejahteraan kucing dan anjing,” katanya.

Sementara data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa terdapat 86 hingga 90 kematian setiap tahun akibat serangan hewan pembawa rabies. Selain itu, data tersebut mencatat 1.583 kasus gigitan rabies yang terkonfirmasi dan sekitar 86.000 insiden gigitan hewan yang diduga rabies pada tahun 2023. Data yang mengkhawatirkan ini menekankan perlunya strategi pencegahan yang komprehensif untuk melawan rabies, terutama di daerah-daerah berisiko tinggi.

Ulrich E. Ginting, General Manager Zoetis Indonesia, menyatakan rabies pada hewan adalah penyakit yang dapat sepenuhnya dicegah melalui vaksinasi, dan Zoetis berkomitmen untuk memastikan bahwa solusi yang menyelamatkan nyawa ini dapat menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia.

“Kampanye ini tidak hanya melindungi hewan kesayangan tetapi juga mendukung kesehatan keluarga dan masyarakat,” tegasnya. ****

× Image