Home > Bisnis

JNE dan Shopee Dongkrak Kreativitas UMKM Jakarta Lewat Pelatihan di Gollaborasi 2024

Acara yang diikuti 100 UMKM asal Jakarta ini menggarisbawahi pentingnya kreativitas bagi pelaku UMKM di tengah meningkatnya kompetisi di era digital saat ini.
Eri Palgunadi selaku SVP – Marketing Group Head JNE bersama Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi di sela acara
Eri Palgunadi selaku SVP – Marketing Group Head JNE bersama Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi di sela acara "Gollaborasi" bertema "UMKM Creative Movement" yang diselenggarakan di Aroem Jakarta (22/08/2024). (Foto: Dok REPUBLIKA)

RUZKA INDONESIA – Sebagai bentuk dukungan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), JNE menggandeng e-commerce Shopee saat menggelar acara "Gollaborasi" bertema "UMKM Creative Movement" yang diselenggarakan di Aroem Jakarta (22/08/2024).

Sejak tahun 2017, program JNE "Gollaborasi" telah konsisten memberikan kontribusi nyata dalam memberdayakan UMKM Indonesia. Melalui serangkaian program edukasi yang komprehensif, kegiatan yang bertujuan meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang strategi penjualan di era digital agar meningkatkan daya saing dan memperluas pasar.

Sebagai perusahaan logistik nasional yang telah berdiri lebih dari 33 tahun, JNE senantiasa mendukung kolaborasi positif dan kerja sama dengan seluruh mitra, khususnya dukungan dan layanan untuk perkembangan para pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

Dalam era digital yang serba cepat, setiap pelaku usaha harus jeli melihat peluang dan tantangan yang ada.

Persaingan yang ketat menuntut setiap pelaku bisnis untuk memiliki strategi yang tepat agar tetap relevan dan unggul.

Diikuti 100 peserta yang sebagian besar merupakan penjual UMKM di Shopee.

Eri Palgunadi selaku SVP – Marketing Group Head JNE menjelaskan bahwa event “Gollaborasi” kali ini bekerja sama dengan Shopee.

“Kolaborasi antara JNE dan Shopee telah membuka peluang besar bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Dengan memanfaatkan sinergi antara keduanya, UMKM dapat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan memperkuat posisinya di pasar yang semakin kompetitif,” jelasnya.

JNE sebagai mitra logistik yang telah bekerja sama dengan Shopee semenjak tahun 2016, melihat kerja sama yang telah terjalin hingga saat ini memiliki kontribusi positif bagi UMKM.

Permintaan volume untuk layanan logistik terus meningkat, terutama dengan pertumbuhan pelaku UMKM yang menggunakan Shopee sebagai platform e-commerce untuk berjualan secara online. JNE optimis dapat menghadirkan pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.

"Ke depan kami berharap kerja sama yang terjalin dapat terus berkembang dan JNE berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan inovasi untuk mendukung pengembangan bisnis bagi kemajuan UMKM Indonesia," tambah Eri.

Sementara Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi mengapresiasi dan menyambut baik kerja sama dengan JNE.

“Kerja sama Shopee dengan JNE yang sudah berlangsung selama 8 tahun, adalah bentuk komitmen kami untuk terus membangun ekosistem belanja yang mumpuni sehingga tidak hanya menjadi penghubung antara Penjual dengan Pembeli di seluruh Indonesia, tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia melalui akses digitalisasi," jelas Daniel.

Menurut Daniel, JNE Gollaborasi ini menjadi momen untuk berbagi pengetahuan seputar pengembangan bisnis digital, agar UMKM bisa naik kelas dengan strategi kreatif yang dapat dimiliki dengan memanfaatkan platform e-commerce.

"Shopee berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di seluruh kota di Indonesia, yang juga didukung oleh layanan logistik andal dari JNE,” ungkap Daniel.

Para pelaku UMKM yang hadir dalam acara ini mendapatkan banyak pengetahuan, mulai dari pemahaman yang lebih mendalam tentang tren pasar, hingga solusi praktis untuk mengatasi berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis online.

Sedangkan Kho Jonathan selaku Seller Mentor Shopee dan Mayland Hendar Prasetyo, Business Development & Partnership Division Head JNE ikut memberikan edukasi terkait strategi strategi penjualan di era digital.

Kho Jonathan atau biasa dipanggil Om Botak yang merupakan Seller Mentor Shopee yang turut berbagi tips dan trik untuk menjadi UMKM naik kelas di Shopee, menyatakan antusiasnya dalam acara Gollaborasi 2024 ini.

“Bagi saya, acara ini adalah kesempatan luar biasa bagi para UMKM untuk belajar dan berkembang. Apalagi tadi mungkin semua seller matanya benar-benar memperhatikan waktu bahas karakteristik pelanggan. Menurut saya, mengenali tipe pembeli toko adalah kunci untuk meningkatkan penjualan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Saya berharap dengan pengalaman saya mengenai cara mengetahui perilaku pelanggan, kita bisa mengatasi tantangan dan mengubahnya menjadi peluang untuk sukses,” jelas Om Botak.

Setelah sukses diadakan di Jakarta, acara ini juga akan diselenggarakan di Kota Bandung guna meningkatkan kreatifitas dan daya saing UMKM di era digital. (***)

Editor: S Dwiyantho Putra

× Image