Home > Lingkungan

Desa Sejahtera Astra Samosir Ekspor 770 Kilogram Rempah Andaliman ke Eropa

Kualitas rempah andaliman Samosir semakin dikenal di seluruh dunia serta Kabupaten Samosir menjadi produsen andaliman terbesar di Indonesia.
Kick-off Lepas Landas Ekspor Andaliman di Desa Garoga, Samosir, Sumatera Utara, pada Rabu (10/7/2024).  (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Kick-off Lepas Landas Ekspor Andaliman di Desa Garoga, Samosir, Sumatera Utara, pada Rabu (10/7/2024). (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA - Astra mengekspor produk unggulan Desa Sejahtera Astra Samosir, Sumatera Utara, berupa 770 kilogram rempah andaliman senilai Rp455 juta ke Jerman dan Prancis.

Kick-off Lepas Landas Ekspor Andaliman dilaksanakan di Desa Garoga, Samosir, Sumatera Utara, pada Rabu (10/7/2024). Kegiatan ini dihadiri Bupati Samosir Vandiko T Gultom serta Environment Department Head Astra. Bondan Susilo.

Pada kesempatan itu, Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyampaikan terima kasih kepada Astra atas kerja sama dalam pembinaan Desa Sejahtera Astra Samosir, yang dimulai dari pemetaan lapangan, penanaman biji andaliman, hingga pelepasan ekspor rempah andaliman ke Eropa.

“Kami berharap kualitas rempah andaliman semakin dikenal di seluruh dunia serta Kabupaten Samosir menjadi produsen andaliman terbesar di Indonesia,” ujar Bupati Vandiko.

Sementara Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah menjelaskan Desa Sejahtera Astra merupakan program yang berfokus pada pemberdayaan kewirausahaan di tingkat desa sesuai dengan potensi dan produk unggulan desa.

“Melalui program ini, Astra berharap produk unggulan Desa Sejahtera Astra menjadi produk kebanggaan Indonesia yang selalu memberikan kontribusi terhadap peningkatan nilai ekspor nasional untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” ujar Riza.

Diketahui, sejak melaksanakan pelatihan dan pendampingan untuk Desa Sejahtera Astra Samosir, Astra telah mendukung terciptanya berbagai manfaat seperti pembukaan lapangan kerja baru, serta mendukung terlaksananya ekspor produk rempah andaliman dengan kapasitas 2,6 ton atau setara dengan nilai Rp1,53 miliar ke tiga negara di Eropa, yaitu Swedia, Jerman, dan Prancis.

Hingga tahun 2024, Astra telah mengembangkan 1.196 Desa Sejahtera Astra yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki nilai akumulasi valuasi ekspor mencapai Rp224 miliar yang disumbangkan dari 328 Desa Sejahtera Astra. Kegiatan ekspor tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian berbasis produk unggulan desa yang berfokus pada pilar kewirausahaan kontribusi sosial Astra.

Program Desa Sejahtera Astra memiliki fokus pengembangan produk unggulan desa binaan Astra melalui 3 klaster produk, yaitu: (1) Pertanian dan olahannya, (2) Kelautan dan perikanan, dan (3) Wisata, kriya, dan budaya.

Astra secara konsisten mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat desa di seluruh Indonesia melalui Desa Sejahtera Astra, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia. ***

× Image