Home > Ekonomi

50 UMKM Binaan Astra Ikut Bazar di Sarinah

Astra berupaya untuk komitmen dan konsisten dalam menjalankan pembinaan UMKM.
Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra dan Direksi PT Sarinah saat bazar yang digelar pada 16-19 Mei 2024 di Sarinah, Jakarta. (Foto Dok Ruzka Indonesia) 
Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra dan Direksi PT Sarinah saat bazar yang digelar pada 16-19 Mei 2024 di Sarinah, Jakarta. (Foto Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA - Sejalan dengan tujuan Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) untuk memandirikan UMKM di Tanah Air, Astra berupaya untuk komitmen dan konsisten dalam menjalankan pembinaan UMKM. Pembinaan dilakukan melalui pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran hingga fasilitasi pembiayaan. Tujuan pembinaan UMKM sendiri akan lebih mudah tercapai, apabila dilakukan dengan berkolaborasi bersama partner yang memiliki visi misi yang sejalan.

Sejak awal 2024, Astra berkolaborasi dengan PT Sarinah (Persero) bersama-sama menjalankan pembinaan UMKM, melalui program pelatihan dan fasilitasi pemasaran, antara lain bazar serta pameran. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat mendukung peningkatan kompetensi dan perluasan pasar UMKM.

Pada Februari lalu, sebanyak 200 UMKM binaan Astra secara hybrid mengikuti kegiatan pelatihan mengenai desain produk, merk, packaging dan strategi promosi untuk menarik calon buyer. Dari 200 UMKM yang telah mengikuti program pelatihan, terkurasi 50 UMKM yang terpilih mengikuti bazar yang digelar Astra dan Sarinah pada 16-19 Mei 2024 di Sarinah, Jakarta.

Kegiatan bazar sendiri dibuka secara resmi pada 16 Mei 2024 oleh Ketua Pengurus YDBA, Rahmat Samulo dan Direktur Utama Sarinah, Fetty Kwartati serta disaksikan oleh Komisaris Utama Sarinah Trisni Puspitaningtyas, Sekretaris Pengurus YDBA Ema Poedjiwati Prasetyo, Bendahara Pengurus YDBA Agung K. Sampurno, Dua Advisor YDBA Sigit P. Kumala dan Tonny Sumartono.

Saat pembukaan Bazar, Rahmat Samulo menyampaikan bahwa program kolaborasi Astra dan Sarinah ini diharapkan dapat dioptimalkan oleh 50 UMKM terpilih agar produk-produk UMKM dapat diterima dengan baik di pasar yang luas, baik nasional maupun global.

Rahmat Samulo juga menyampaikan dari 50 UMKM akan dipilih kembali 5 UMKM untuk mengikuti pameran di Sarinah selama 3 bulan. Kelima UMKM tersebut nantinya diharapkan dapat menjadi best practice yang bisa memotivasi UMKM lain untuk dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan menarik perhatian para customer secara luas.

Sedangkan Fetty Kwartati di momen yang sama menyampaikan, bahwa kolaborasi Sarinah bersama Astra merupakan kolaborasi yang berkelanjutan, karena setiap rangkaian kegiatan kolaborasi termonitoring dengan baik hingga terpilihnya 50 UMKM untuk mengikuti Bazar.

Fetty berharap kolaborasi ini bisa menjadikan UMKM naik kelas hingga go internasional. Fetty juga menyampaikan Bazar ini bukan hanya concern pada penjualan, tetapi juga exposure, branding dan peluasan networking. (***)

Reporter: Yoyok BP

× Image