Home > Nasional

Elektabilitas Imam Budi Hartono Tertinggi, Dapat Banyak Dukungan, Termasuk Dukungan Wali Kota Depok

Ketua Lingkar Aktivis UI, Dr Askar Triwiyanto menyebut dari sejumlah nama yang bertengger dalam bursa bakal calon Wali Kota Depok 2024, mencuat tiga nama teratas pengganti Wali Kota Depok, Mohammad Idris.
Wali Kota Depok, Mohammad Idris (kiri) mendukung penuh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (kanan) untuk maju di Pilkada Depok 2024. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Wali Kota Depok, Mohammad Idris (kiri) mendukung penuh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (kanan) untuk maju di Pilkada Depok 2024. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA -- Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024, sejumlah Alumni Universitas Indonesia (UI) yang tergabung di dalam Lingkar Aktivis Untuk Indonesia, merilis hasil Survei Calon Wali Kota Depok 2024, Ahad (07/04/2024).

Ketua Lingkar Aktivis UI, Dr Askar Triwiyanto menyebut dari sejumlah nama yang bertengger dalam bursa bakal calon Wali Kota Depok 2024, mencuat tiga nama teratas pengganti Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Ketiga nama tersebut yakni:

1. Imam Budi Hartono (Wakil Wali Kota Depok incumbent saat ini sekaligus Ketua DPD PKS Kota Depok).

2. Pradi Supriatna (Mantan Wakil Wali Kota Depok, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok dan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat terpilih 2024-2029).

3. Farabi El Fouz (Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok dan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat terpilih 2024-2029).

Dalam hasil survei, Dr Askar Triwiyanto, mengungkapkan, bahwa pihaknya telah menggelar survei publik, bertajuk “Survei Pemimpin Ideal Depok 2024”, yang diselenggarakan pada kurun waktu 30 Maret 2024 - 3 April 2024 dengan melibatkan 800 responden dari Seluruh Kecamatan di Kota Depok.

"Survei dengan Metode Multistage Proportional Random Sampling atas jumlah DPT Depok berusia 17 tahun keatas/sudah menikah, dengan margin of error 3,46%, tingkat kepercayaan 95% dan quality control sebesar 20% terhadap sampel yang ada.

Ada 6 nama tokoh yang terjaring di dalam Survei tersebut, berdasarkan tingkat popularitas dan likeability masyarakat yakni:

1 Imam Budi Hartono.

2. Pradi Supriatna.

3. Farabi El Fouz.

4. Babai Suhaemi.

5. Hafid Nasir.

6. Supian Suri.

Responden diberi pertanyaan soal elektabilitas yang berbunyi, "Di antara tokoh-tokoh di atas menurut saudara siapakah yang layak saudara pilih sebagai Wali Kota Depok 2024-2029?”

Jawabannya:

1. Imam Budi Hartono di angka 48,50%.

2. Pradi Supriatna di angka 19,63 %.

3. Farabi El Fouz 9,38%.

4. Babai Suhaimi 7,75%.

5. Hafid Nasir 5,75%.

6. Supian Suri 1,63%.

"Sedangkan 7,36% diantaranya memilih tidak tahu/ tidak menjawab," terang Dr Askar.

Sekretaris Umum (Sekum) DPD PKS Kota Depok, Hermanto Setiawan mengungkapkan PKS Kota Depok solid mendukung Imam Budi Hartono (IBH) maju menjadi calon Wali Kota Depok periode 2025-2030 dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024.

"Alhamdulillah, kami bersyukur survey elektabilitas yang dilakukan Survei Lingkar Aktivis Universitas Indonesia (UI), IBH sebagai calon Wali Kota Depok memberikan hasil yang sangat baik dengan angka 48,50%," ujar Hermanto dalam siaran pers yang diterima, Senin (08/04/2024).

Menurut Hermanto yang juga sekaligus Ketua Tim Pemenangan Pilkada Kota Depok 2024 memastikan semua elemen struktur dari tingkat kelurahan (DPRa), tingkat kecamatan (DPC) dan DPD tingkat kota dan semua kader PKS solid mendukung IBH di calonkan PKS di Pilkada Depok 2024.

"Kami pastikan semua elemen struktur PKS di Kota Depok serta kader hingga tingkat kelurahan solid dukung IBH jadi Wali Kota Depok periode 2025-2030," tegasnya.

Lanjut Hermanto, dukungan kuat juga datang dari Ketua Dewan Pakar PKS Kota Depok yang merupakan Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

"Wali Kota Depok, Mohammad Idris sebagai Ketua Dewan Pakar PKS Kota Depok dan beberapa kali menggunakan tiket PKS maju di Pilkada apalagi saat ini istrinya, Elly Farida menjadi Caleg Terpilih dari PKS untuk DPRD Jawa Barat. Insya Allah Pak Wali kokoh dukung IBH," jelasnya.

Ia menambahkan, dukungan Wali Kota Depok, Mohammad Idris, kader PKS, komunitas, tokoh masyarakat dan para alim ulama menjadi modal besar IBH maju menjadi calon Wali Kota Depok.

"Selain pengalaman politiknya mumpuni ditambah pengalaman PKS Kota Depok menang 4 kali berturut-turut menjadi modal dan pemicu semangat untuk Kota Depok kembali dipimpin Wali Kota dari kader PKS, IBH," terang Hermanto.

Hermanto memohon doa semua warga Kota Depok untuk kesuksesan IBH menjadi Wali Kota Depok periode 2025-2030.

"Mohon doa warga Kota Depok agar IBH dapat menjadi Wali Kota Depok periode 2025-2030. IBH akan siap memegang amanah untuk kesejahteraan dan siap melayani semua warga Kota Depok," tuturnya.

Ketua PKS DPC Bojongsari, Ustadz Muharam, berpendapat yakin Insya Allah, Wali Kota Depok, Mohammad Idris akan dukung PKS di Pilkada Depok 2024.

"Saya pernah dengar informasi ketika beliau naik jadi calon Wali Kota ke dua kalinya bersama IBH ada perjanjian yang disampaikan oleh petinggi PKS yaitu dari Presiden PKS yang waktu itu Muhammad Sohibul Iman dan Ketua Majelis Syuro," ungkapnya.

Ada 3 hal yang diminta oleh petinggi PKS:

1. Menangkan pertarungan Pilkada Depok 2020 lalu.

2. Sekda harus dari kalangan ASN yang baik yang dapat membawa dan membantu keberhasilan jalannya pemerintahan.

3. Wajib memenangkan kembali PKS di Pilkada Depok 2024

"Janji adalah komitmen yang harus dilaksanakan, Tapi saya yakin seyakin yakinnya beliau orang yang amanah sebagai Ketua Dewan Pakar PKS Depok, istrinya caleg jadi DPRD Jabar dari PKS. Saya berdoa semoga pak wali selalu diberikan kesehatan dan kemudahan untuk membantu pemenangan Pilkada Depok 2024 untuk PKS," jelas Ustadz Muharam. (***)

× Image