Home > News

Bunga Rafflesia Arnoldi Tumbuh di Kebun Milik Warga Depok

Bunga langka yaitu Rafflesia Arnoldi tumbuh di kebun warga RT04/08 Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.
Bunga Rafflesia Arnoldi tumbuh di kebun warga RT04/08 Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong, Kota Depok.Foto: dok. pribadi Lurah Cilodong.

ruzka.republika.co.id - Bunga langka yaitu Rafflesia Arnoldi tumbuh di kebun warga RT04/08 Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

Lurah Cilodong Suhadi Herry Wibowo mengatakan bunga Rafflesia Arnoldi pertama kali ditemukan oleh pemilik rumah pada Sabtu (11/2/2023) kemarin.

“Tumbuh di kebun warga milik Pak Suhadi, diperkirakan bunga Rafflesia Arnoldi tumbuh sekitar lima hari lagi,” kata Lurah Cilodong, Herry Wibowo dikutip dari situs resmi Pemerintah Kota Depok, Selasa (14/2/2023).

Keberadaan bunga Rafflesia Arnoldi itu dijaga oleh tiga pilar mitra kelurahan dan pemilik kebun. Ia menjelaskan karena bunga yang juga dikenal sebagai Padma Raksasa ini ditetapkan sebagai Puspa Langka Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.

Baca juga: Pemkot Depok Buka Program Bantuan Biaya Magang di Jepang

Baca juga: Cara Mengubah File Berbentuk PDF ke Word dan Foto JPG ke File PDF Tanpa Aplikasi

Selain itu, Rafflesia Arnoldi juga masuk dalam daftar tumbuhan dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 7 Pasal 4 Tahun 1999.

“Saya berharap bagi warga yang ingin melihat keindahan bunga Rafflesia Arnoldi ini tidak menganggu lingkungan sekitar," tuturnya.

Ia mengimbau kepada warga untuk menjaga ketertiban ketika melihat bentuk bunga tersebut.

“Saya pun sudah menyampaikan kepada warga yang ingin melihat agar tidak terlalu dekat," sambungnya.

Dari informasi yang Ia peroleh ini merupakan kali kedua Padma Raksasa tersebut tumbuh di kebun milik Suhadi.

"Empat tahun yang lalu juga pernah tumbuh di tempat yang sama, lalu layu dan mati. Kemudian baru tumbuh lagi di tahun 2023 ini,"pungkasnya. (Supriyadi)

× Image