Home > News

Dinas PUPR Depok Lakukan Normalisasi Situ Pengarengan

Normalisasi Situ Pengarengan dilakukan dengan pembersihan eceng gondok dan pengangkatan sedimen lumpur.
Normalisasi Situ Pengarengan. Foto: Dok Diskominfo Depok
Normalisasi Situ Pengarengan. Foto: Dok Diskominfo Depok

ruzka.republika.co.id--Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok melakukan normalisasi Situ Pengarengan, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya. Normalisasi dengan pembersihan eceng gondok dan pengangkatan sedimen lumpur.

"Pembersihan dilakukan dengan menggunakan alat berat berupa amphibi PC 210," ujar ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Jumat (16/09/2022).

Menurut Citra, pihaknya melakukan normalisasi dengan pembersihan eceng gondok dan pengangkatan sedimen lumpur.

“Kami lakukan pembersihan tumbuhan liar dan normalisasi dengan pengangkatan sedimen lumpur. Karena khawatir sampah nyangkut di jaring dan berdampak pada saluran outlet yang tersumbat,” terangnya.

Dia menjelaskan, saluran outlet yang dimaksud adalah sodetan samping Tol Cijago ke arah Kali Sugutamu. Pihaknya mengerahkan sebanyak 10 Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan pembersihan.

“Operator alat berat, kami tugaskan tiga personel. Alat berat akan digunakan sampai semua tumbuhan liar dan sedimen lumpur selesai terangkat dan dianggap ideal untuk menampung air,” jelasnya.

Setelah diangkat, lanjut Citra, tumbuhan liar dan sampah akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Satu unit truk juga sudah disediakan.

“Sementara kami fokus untuk mengangkat endapan lumpur. Tidak ada target, yang jelas sampai bersih,” tegasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image