Diskominfo Depok Tindaklanjuti 453 Pengaduan SP4N LAPOR per Oktober 2024
RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok mengungkapkan, penanganan pengaduan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) mengalami peningkatan di 2024.
Hingga Oktober 2024, jumlah pengaduan yang diterima Diskominfo Depok mencapai 453 pengaduan, sedikit menurun dibandingkan dengan tahun 2023 yang mencatat 479 laporan.
"Namun, yang patut diapresiasi, adalah peningkatan signifikan dalam tindak lanjut pengaduannya," terang Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto dalam keterangan yang diterima, Kamis (21/11/2024).
Diskominfo Kota Depok telah melakukan gerak cepat dalam menindaklanjuti ratusan aduan tersebut.
"Rata-rata waktu tindak lanjut pada tahun 2023 adalah 17,9 hari, sedangkan di tahun 2024 berkurang drastis menjadi 1,4 hari. Artinya, respons dan penyelesaian pengaduan tahun ini jauh lebih cepat," jelas Manto.
Ia berharap, untuk mempertahankan keberhasilan ini, layanan SP4N LAPOR! bisa menjangkau hingga daerah terpencil. Hal ini perlu dilakukan, agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya.
“Selain itu, kami juga ingin memperkuat literasi masyarakat tentang cara menggunakan SP4N-LAPOR! supaya bisa menjadi sarana aspirasi yang lebih efektif," harap Manto.
Sebagai bentuk transparansi, Diskominfo Kota Depok mengimbau masyarakat untuk dapat memantau proses dan penyelesaian pengaduan secara langsung.
Lewat aplikasi atau website resmi SP4N-LAPOR!, Perangkat Daerah juga diwajibkan menyampaikan laporan rutin terkait tindak lanjut pengaduan yang masuk dari masyarakat di wilayah.
"Kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah adalah kunci untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih baik di masa depan," pungkas Manto. (***)