Home > Olahraga

Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah Amankan Medali Emas Kedua Bulu Tangkis

Indonesia berhasil mengamankan medali emas ASEAN Para Games 2022 keduanya dari cabang olahraga parabulu tangkis
Pebulutangkis Indonesia Khalimatus Sasiyah (kiri) dan Fredy Setiawan (kanan)
Pebulutangkis Indonesia Khalimatus Sasiyah (kiri) dan Fredy Setiawan (kanan)

Khalimatus Sasiyah

ruzka.republika.co.id - Indonesia berhasil mengamankan medali emas ASEAN Para Games 2022 keduanya dari cabang olahraga parabulu tangkis via pasangan ganda campuran Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah.

Rabu (3/8/2022), Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah menjalani laga lanjutan nomor ganda campuran SL3-SU5 kontra Teamarrom Siripong/Saensupa Nipada (Thailand).

Pertandingan yang dihelat di Edutorium UMS, Solo itu relatif berlangsung alot terutama pada pengujung game kedua. Namun, Fredy/Khalimatus mampu mengatasi tekanan untuk menang 21-11, 26-24 dalam waktu 31 menit.

Berkat hasil tersebut, Fredy/Alim dipastikan finis sebagai pemuncak grup ganda campuran SL3-SU5 yang hanya terdiri atas tiga kontestan.

Sebelumnya, Selasa (2/8/2022), Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah sudah meraih kemenangan atas sesama wakil Indonesia, Khoirur Roziqin/Warining Rahayu, dengan skor 21-9, 21-14.

Dua kemenangan yang telah dibukukan Fredy/Khalimatus sudah tak mungkin disamai oleh para pesaing sehingga mereka berhak atas medali emas untuk nomor ganda campuran SL3-SU5. Hal ini pun telah dikonfirmasi oleh salah satu pelatih parabulu tangkis Indonesia, Indra Kusuma Adi.

"Hanya ada satu grup di situ (nomor ganda campuran SL3-SU5). Sebenarnya ada empat pasangan tetapi kemarin ada satu dari Thailand yang mengundurkan diri," kata Indra Kusuma Adi.

"Jadi nomor ini tinggal tersisa tiga pasangan, Fredy/Khalimatus sudah ketemu semua lawan dan hasilnya menang semua. "

Meski sudah aman, medali emas baru akan diberikan setelah seluruh pertandingan nomor ganda campuran SL3-SU5 dimainkan.

Menurut jadwal, laga terakhir nomor ini akan dihelat Kamis (4/8/2022) dengan mempertemukan Khoirur Roziqin/Warining Rahayu dan Teamarrom Siripong/Saensupa Nipada untuk memperebutkan medali perak.

Sementara itu, baik Fredy Setiawan maupun Khalimatus Sadiyah masih berpeluang menambah koleksi medalinya di ASEAN Paragames 2022.

Fredy masih akan berjuang di nomor tunggal putra SL4 dan ganda putra SL3-SL4 bersama Dwiyoko. Sedangkan Khalimatus turun di nomor tunggal putri SL3+SL4 dan ganda putri SL3-SU5 bersama Lia Priyanti.* (Yayan)

× Image