Libur Mudik Nataru, Tol Cijago Siapkan 116 Orang Petugas di 17 Gerbang dan 77 Gardu
RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- Hadapi atus mudik dan balik saat libur Natal 2024 serta Tahun Baru 2025 (Nataru), Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) telah menyiapkan berbagai layanan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan.
Persiapan meliputi :
(1) Layanan transaksi.
(2) Layanan lalu lintas.
(3) Penyediaan fasilitas dan sarana pendukung di sepanjang jalan tol.
Untuk layanan transaksi, tersedia 17 Gerbang Tol dengan 77 Gardu yang dioperasikan oleh 140 orang petugas yang terdiri dari 116 petugas transaksi serta 24 petugas kebersihan yang siap mendukung kelancaran transaksi.
PT Tanslingkar Kita Jaya (TLKJ) selaku operator Tol Cijago masih bekerja keras untuk menambah 5 buah gardu transaksi di GT Limo Utama, sehingga diharapkan dapat meminimalisir potensi antrian.
"Diperkirakan saat arus puncak libur dan mudik Nataru mencapai 170 ribu kendaraan pada 21 dan 22 Desember 2024 (naik 25,6% di banding hari biasa 135 ribu kendaraan)," ujar Direktur Operasi PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ), Alfiandra Zaini, Senin (16/12/2204).
Lanjut Alfiandra, ditargetkan penambahan 5 gardu tersebut dapat diselesaikan dan dioperasikan pada H-7 (18 Desember 2024).
Sedangkan untuk layanan lalu lintas PT TLKJ telah menyiapkan total 104 petugas yang akan mengoperasikan 13 unit kendaraan operasional yang terdiri dari 2 Unit Kendaraan Layanan Lalu Lintas (22 petugas).
Lalu, 1 Unit Kendaraan Rescue, 1 Unit Kendaraan Derek (4 petugas), 1 Unit Kendaran Ambulans (8 petugas), 2 Unit Kendaraan PJR, 2 Unit Kendaraan Pemeliharaan, 1 Unit Kendaraan Water Tangki (stand by) dan 3 Unit Kendaraan Shuttle (6 petugas), 51 petugas Security Gerbang, 11 petugas pertamanan dan 2 petugas bidang pemeliharaan.
Lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan Lalu Lintas selama libur mudik Nataru:
1. GT Limo Utama.
2. Off Ramp Cisalak 2.
3. Off Ramp 1 dan Off Ramp 2 di Simpang Susun Cimanggis (dari arah CIJAGO menuju Jagorawi).
Untuk menghadapi kemungkinan kepadatan di Lokasi-lokasi diatas, PT TLKJ secara aktif berkoordinasi dengan PJR Korlantas dan kepolisian wilayah setempat untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas.
PT TLKJ akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua pengguna jalan, tetap hati-hati dalam berkendara serta ikuti rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.
"Untuk kelancaran perjalanan, kami menghimbau pengguna jalan untuk : merencanakan perjalanan dengan baik, menghindari waktu puncak arus lalu lintas, memastikan kondisi fisik dan kendaraan prima selama perjalanan serta memastikan saldo kartu elektronik mencukupi," imbau Alfiandra.
Untuk informasi terkini mengenai lalu lintas di Jalan Tol Cijago dapat diakses melalui layanan Call Center 24 jam di nomor (021) 87750111. (***)