Home > Bisnis

Telkom Ungkap Faktor Kunci Keberhasilan Transformasi Digital

Upaya melakukan transformasi digital harus tetap ada meskipun kepemimpinan berganti. Menurut dia, transformasi digital tidak bisa dilakukan dengan proses yang berganti setiap tahunnya.
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam salah satu sesi kegiatan BATIC 2024 di Bali, Rabu (28/8/2024). (Foto: Dok Republika)
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam salah satu sesi kegiatan BATIC 2024 di Bali, Rabu (28/8/2024). (Foto: Dok Republika)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- PT Telkom Indonesia Tbk mengungkapkan, transformasi digital adalah upaya yang butuh usaha sangat besar. Sebab itu, dia mengatakan, salah satu faktor kunci keberhasilan transformasi digital adalah dengan melakukannya secara berkelanjutan, baik di level perusahaan maupun pemerintahan.

“Kita tidak mungkin tidak dapat menyelesaikannya dalam waktu singkat. Transformasi digital harus dilakukan dalam waktu yang lama, melibatkan banyak orang. Jadi, menurut saya, salah satu faktor kuncinya adalah jika transformasi dapat berjalan dengan keberlanjutan,” ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam salah satu sesi kegiatan BATIC 2024 di Bali, Rabu (28/8/2024).

Upaya melakukan transformasi digital harus tetap ada meskipun kepemimpinan berganti. Menurut dia, transformasi digital tidak bisa dilakukan dengan proses yang berganti setiap tahunnya.

Sebab itu, penting untuk melakukan transformasi digital dengan skema top-down atau dari level atas ke level di bawahnya.

“Transformasi digital sangat penting untuk dimulai dari atas ke bawah. Tidak hanya di tingkat perusahaan, bahkan di tingkat negara. Karena banyak perubahan regulasi yang melibatkan banyak hal,” jelas Ririek.

Pada paparannya bertajuk “Enabling Sustainable Digital Transformation”, Ririek mengatakan, tren makro global telah mengubah masa depan transformasi digital di seluruh dunia.

Teknologi menghadirkan peluang bagi perusahaan telekomunikasi untuk berinovasi, namun tetap pada prinsip keberlanjutan.

Hal itu perlu dilakukan guna membangun masa depan yang lebih baik dan memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan, sehingga tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi digital tetapi juga berkontribusi pada kemajuan dan perkembangan bangsa secara keseluruhan.

“Perusahaan telekomunikasi dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menghadirkan solusi B2B yang inovatif. Teknologi akan mendorong pertumbuhan konsumsi data, sehingga memberikan peluang bagi perusahaan telekomunikasi untuk menyediakan infrastruktur digital yang kuat dan berkapasitas tinggi,” paparnya.

Melanjutkan tahun sebelumnya, BATIC 2024 mengadakan “Closed-Door Leadership Summit”. Di mana para pemimpin dari perusahaan telco dan digital global terkemuka berkumpul untuk membahas dampak transformasi digital pada industri saat ini dan di masa depan.

Pertemuan eksklusif ini menawarkan forum bagi semua peserta tingkat C-Level untuk saling bertatap muka dan berdiskusi. Selain itu, dalam acara ini juga diadakan inagurasi MEF SEA Executive Council.

Itu dilakukan untuk memastikan Telin sebagai perpanjangan tangan dari bisnis internasional Telkom Group berada di garis depan revolusi digital, terus berkembang untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat di lanskap telekomunikasi global. (***)

× Image