Turut Promosikan Produk Khas Indonesia, UMKM Binaan Pertamina Diminati di Indonesia Week Hongkong 2024
RUZKA-REPUBLIKA NETWORK - PT Pertamina (Persero) kembali mengantarkan produk UMKM binaannya untuk go global ke Hongkong lewat ajang Indonesia Week Hongkong 2024 yang berlangsung di Wan Chai Harbourfront Event Space, Sabtu-Ahad, 2–3 November 2024. Pertamina membawa aneka produk dari 8 (delapan) UMKM unggulan binaan Pertamina untuk mempromosikan produk UMKM sekaligus melepas kerinduan masyarakat Indonesia di Hongkong.
Selama pameran, Pertamina menampilkan produk UMKM khas Indonesia di antaranya daging rendang, sate ayam, aneka sambal, kripik pisang, madu, aksesoris khas mutiara Lombok dan silver khas Yogyakarta, batik, hingga spa & aromatheraphy yang mendapat perhatian dari para pengunjung mayoritas orang Indonesia.
Partisipasi Pertamina tidak hanya memperkenalkan produk UMKM, namun juga membuka peluang kerja sama dari beberapa instansi di Hongkong untuk pengembangan pasar UMKM.
Produk makanan sate daging ayam dan rendang dari UMKM Allisha menjadi produk yang paling diburu pengunjung, dalam waktu singkat produk tersebut ludes terjual. Selain itu, aksesoris dari UMKM Joglo Ayu Tenan asal Yogyakarta menarik perhatian pengunjung karena desain gelang, anting, kalung, dan bando batik yang unik.
Nathalia Widjaja, dari Indonesian Diaspora di Hongkong memborong produk Joglo Ayu Tenan. “Desain aksesoris dari Joglo Ayu Tenan sangat Indonesia sekali. Produknya bagus sebagai souvenir untuk kolega saya di Hongkong. Secara tidak langsung dapat memperkenalkan aksesoris dari Indonesia,” ujarnya.
Natalie menambahkan bahwa kegiatan ini juga dapat membuka pasar bagi UMKM dari Indonesia di Hongkong.
Untuk transaksi ritel selama pameran, 95% dari produk UMKM yang dibawa habis terjual. Tercatat penjualan produk UMKM hingga puluhan juta rupiah.
Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, Pertamina berkomitmen untuk mendukung pengembangan UMKM binaannya melalui program akses perluasan pemasaran hingga ke luar negeri.
“Keikutsertaan UMKM binaan Pertamina dalam beberapa pameran di luar negeri dapat meningkatkan daya saing dan berkontribusi terhadap produktivitas UMKM, karena mereka menyiapkan produk sebagai mungkin yang dalam produksinya melibatkan pemberdayaan masyarakat di sekitarnya," ujar Fadjar.
Menurut Fadjar, Pertamina terus berkomitmen mendukung UMKM di Indonesia untuk terus berinovasi dan memperluas jaringan pasar, sehingga diharapkan terdapat peningkatan permintaan pasar baik di dalam maupun luar negeri.
“Pertamina optimis bahwa UMKM binaannya akan terus produktif dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional,” lanjutnya.
Pertamina sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (***)