Home > Nasional

Depok Bangun Masjid Raya di Jalan Raya Bogor-Jakarta, Progresnya Masuk Tahap Arsitektur

Progres pembangunan Masjid Raya Kota Depok saat ini masuk tahap arsitektur dan Mekanikal Elekterikal (ME). Dengan persentase mencapai 69,7 persen per minggu ini.
Pembangunan Masjid Raya Kota Depok. (Foto: Dok Radar Depok)
Pembangunan Masjid Raya Kota Depok. (Foto: Dok Radar Depok)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok saat ini sedang merampungkan pembangunan Masjid Raya Kota Depok yang terletak di Jalan Raya Bogor-Jakarta yang berada di Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos.

Progres pembangunan Masjid Raya Kota Depok saat ini masuk tahap arsitektur dan mekanikal elekterikal (ME). Dengan persentase mencapai 69,7 persen per minggu ini.

"Progresnya hampir 70 persen. Sudah masuk tahap arsitektur dan ME, setelah sebelumnya pembangunan struktur akhir," ujar Kepala Disrumkim Kota Depok, Dadan Rustandi dalam keterangan yang diterima, Selasa (22/10/2024).

Menurut Dadan, selain pekerjaan tersebut, sedang dilakukan juga pekerjaan rangka atap peci/ kubah. Masjid ini berada persis di depan Terminal Jatijajar/ pinggir jalan untuk memudahkan akses keluar masukjamaah.

"Terdapat juga beberapa fasilitas penunjang seperti aula/ ruang serbaguna, Kantor Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan sarana Usaha Mikro Kecil Menengah (UKM). Selain tempat ibadah, masjid ini akan difungsikan untuk aktifitas perekonomian," jelasnya.

Lanjut Dadan, juga akan dibangun fasilitas berupa ruang multimedia, ruang konsultasi, ruang persiapan, toilet, tempat wudhu serta areal parkir.

"Adapun, pagu anggaran yang disiapkan yaitu Rp 19,9 miliar. Lama waktu pengerjaan sesuai kontrak adalah 210 hari kalender. Pekerjaan sudah dimulai sejak 15 Mei dan ditarget rampung pada 10 Desember 2024,” ungkapnya.

Ia berharap, pembangunan Masjid Raya Kota Depok akan selesai tepat waktu.

“Mudah-mudahan rampung tepat waktu, sehingga sarana ibadah ini bisa segera diresmikan dan digunakan masyarakat,” harap Dadan. (***)

× Image