Home > Bisnis

SHAFTHI Raih Gold Kalimantan di Ajang ESG Nusantara 2024

Dengan dukungan berbagai pihak, Pertamina Patra Niaga SHAFTHI akan terus menjalankan program berkelanjutan dan mendukung pembangunan yang merata.
SHAFTHI Manager Ridwan saat menerima penghargaan ESG Nusantara dari Wamen Investasi/Wakil Kepala BKPM Yuliot Tanjung, di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Jumat (18/10/2024). (Foto: Dok RUZKA INDONESIA)
SHAFTHI Manager Ridwan saat menerima penghargaan ESG Nusantara dari Wamen Investasi/Wakil Kepala BKPM Yuliot Tanjung, di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Jumat (18/10/2024). (Foto: Dok RUZKA INDONESIA)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) melalui SHAFTHI (Soekarno Hatta Fuel Terminal & Hydrant Installation) berhasil meraih penghargaan bergengsi ESG (Environmental, Social & Governance) Nusantara dengan peringkat Gold Kalimantan di ajang ESG Nusantara Plaudit 2024 di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Jumat (18/10/2024) lalu. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala BKPM Yuliot Tanjung.

Panitia ajang ESG Nusantara ini dalam nominasinya menggunakan nama pulau di Indonesia dalam kategori penghargaannya yang diasumsikan sebagai kompleksitas lingkungan dan masyarakat di mana perusahaan memainkan peran untuk menentukan kelestarian maupun kesejahteraan.

Pencapaian ini tak hanya mencerminkan komitmen perusahaan dalam menerapkan standar ESG yang tinggi, tetapi juga menggarisbawahi upaya berkelanjutan perusahaan dalam menjalankan berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berfokus pada dampak positif terhadap masyarakat dan lingkungan.

Pertamina Patra Niaga SHAFTHI memperoleh peringkat Gold Kalimantan setelah berhasil mengikuti roadmap ESG dari La Tofi School of Social Responsibility yang mencakup pengakuan dalam tiga aspek utama yang sangat penting dalam konteks keberlanjutan. Pertama, Environmental yang dikenal lewat penghargaan Indonesia Green Awards pada 17 Januari 2024 sebagai pengakuan upaya perusahaan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Kedua, Social yang diperoleh melalui CSR (Corporate Social Responsibility) SME (Small Medium Enterprise) Asia Awards pada 1 April 2024 dan Nusantara CSR Awards pada 17 Juli 2024 sebagai bentuk menghargai kontribusi perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

Ketiga adalah Governance yang dikenal melalui Asian Impact Awards yang diselenggarakan pada 18-19 September 2024 sebagai bentuk memberikan penilaian terhadap tata kelola bisnis yang baik dan transparan.

Dalam kesempatan berbeda, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menyampaikan bahwa pencapaian yang diraih Pertamina Patra Niaga SHAFTHI ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi seluruh karyawan dan pemangku kepentingan, tetapi juga diharapkan dapat menginspirasi perusahaan lain di seluruh Indonesia untuk mengadopsi dan menerapkan prinsip-prinsip ESG dalam setiap kegiatan operasionalnya.

“Kami percaya bahwa keberlanjutan dan tanggung jawab sosial adalah dua aspek yang sangat penting dalam menjalankan bisnis yang sukses di era modern ini, di mana apresiasi ini mendorong kami untuk terus mengembangkan dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungan," ucap Eko.

Hal ini sejalan dengan prinsip bahwa program yang berkelanjutan harus mampu memberikan hasil positif berkelanjutan bagi komunitas lokal serta dapat membantu mengatasi berbagai masalah sosial seperti kesehatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Eko.

Sementara SHAFTHI Manager Ridwan mengatakan, penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi tanpa henti dari seluruh tim di Pertamina Patra Niaga SHAFTHI. Mereka telah bekerja sama dengan komitmen yang tinggi untuk terus meningkatkan kinerja CSR serta memberikan kontribusi nyata dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan memberdayakan masyarakat di sekitar perusahaan.

“Dengan pencapaian yang luar biasa ini, kami berharap bahwa peringkat ini akan menjadi bukti nyata dari kinerja CSR yang telah dilakukan oleh Pertamina Patra Niaga SHAFTHI, yang diharapkan dapat terus meningkat di masa mendatang,” ucap Ridwan.

Dengan dukungan berbagai pihak, Pertamina Patra Niaga SHAFTHI akan terus menjalankan program berkelanjutan dan mendukung pembangunan yang merata. Piagam ini bukan hanya menjadi sebuah pencapaian, namun juga sebagai tanggung jawab untuk terus melangkah maju dan mewujudkan visi dan misi bersama menuju masa depan yang lebih baik. (***)


× Image