Home > Mancanegara

Truk Tambang Bertenaga Listrik dan Swakemudi Ini Mampu Pangkas Hingga Ratusan Ribu Emisi Karbon

ZNK95 dilengkapi permanent magnet synchronous electric drive system untuk aktivitas pertambangan yang memenuhi standar muatan besar dan kemampuan menanjak.
Dengan meningkatkan skala penambangan hijau dan cerdas di Tiongkok, tambang terbuka di pedalaman Mongolia mampu mengurangi 149.000 ton emisi karbon. (Foto: Dok REPUBLIKA)
Dengan meningkatkan skala penambangan hijau dan cerdas di Tiongkok, tambang terbuka di pedalaman Mongolia mampu mengurangi 149.000 ton emisi karbon. (Foto: Dok REPUBLIKA)

RUZKA INDONESIA - Sebuah tambang terbuka yang terletak di Inner-Mongolia, Tiongkok, baru-baru ini menggunakan solusi konstruksi tanpa awak manusia untuk sektor pertambangan buatan XCMG Machinery ("XCMG", SHE:000425).

Langkah ini merupakan praktik penambangan di tambang terbuka yang ramah lingkungan dan berteknologi pintar.

Dengan memakai sejumlah truk tambang bertenaga listrik dan berfitur swakemudi, ZNK95, tambang tersebut mampu memangkas konsumsi 47.000 ton diesel dan 149.000 emisi karbon setelah 300 unit beroperasi pada 2026.

Intelligent Mining Dump Truck ZNK95, memiliki kapasitas angkut maksimum sebesar 85 ton, merupakan mining dump truck bertenaga listrik dan berfitur swakemudi yang terbesar.

Selain itu, ZNK95 juga menjadi salah satu pioner truk pertambangan dengan energi baru dan fitur swakemudi. Dengan desain cab-less, ZNK95 mampu beroperasi di wilayah tinggi, bahkan memiliki cuaca yang sangat dingin hingga -40°C.

ZNK95 dilengkapi permanent magnet synchronous electric drive system untuk aktivitas pertambangan yang memenuhi standar muatan besar dan kemampuan menanjak.

Di sisi lain, ZNK95 secara inovatif memanfaatkan teknologi kendaraan, komputasi awan, dan jaringan kolaboratif sehingga mudah berganti-ganti antara moda pengendalian jarak jauh dalam rute pendek, moda pengendalian jarak jauh dalam rute panjang, serta moda swakemudi berfitur pintar.

Sistem swakemudi ZNK95 mengintegrasikan berbagai teknologi mutakhir, serta menawarkan sejumlah fitur seperti environmental perception, pengambilan keputusan dan perencanaan, kendali kendaraan, diagnosis kerusakan, serta komunikasi kendaraan.

ZNK95 mampu menjalankan kegiatan pertambangan secara komprehensif pada beragam tipe mesin, bahkan efisiensi pengangkutan satu unit melampaui kendaraan manual.

Setelah melakukan eksplorasi dan penyempurnaan selama bertahun-tahun, XCMG berhasil mengembangkan teknologi maju dan model layanan yang mendorong pemilik tambang mempraktikkan kegiatan berteknologi pintar dan ramah lingkungan:

Efisiensi ekonomi yang optimal didukung fitur smart mode secara otomatis mengatur mesin dan sistem hidrolik yang menyeimbangkan efisiensi produksi dan efisiensi bahan bakar.

Sedangkan efisiensi pengangkutan terbaik dicapai dengan fitur power mode, pengguna dapat memilih konfigurasi untuk aktivitas produksi yang sangat efisien, memaksimalkan output per unit time.

Alat-alat pertambangan XCMG meliputi seluruh aspek dalam kegiatan penambangan, menawarkan perencanaan terintegrasi bagi konstruktor, kendaraan, dan lokasi tambang. Hal tersebut memfasilitasi dispatching secara terpusat, platform visual command, serta smart scheduling.

XCMG menyediakan berbagai jenis perangkat keras konstruksi tanpa awak manusia untuk tambang terbuka, mencakup mining dump truck, ekskavator, alat pengeboran, crusher, dan alat-alat pendukung lain dengan sistem swakemudi yang pintar.

Solusi tersebut dirancang dengan konektivitas pintar dan fitur swakemudi, memenuhi beragam kebutuhan kustomisasi, serta menghemat investasi dan biaya operasional. (***)

Editor: S Dwiyantho Putra

× Image