Home > Nasional

KPU Tetapkan Ada 1,4 Juta Pemilih Pilkada Depok

Menurut Willi, jumlah tersebut mengalami penurunan dari sebelumnya mencapai 1.425.656 orang pemilih.
Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin. (Foto: Rusdy Nurdiansyah/Ruzka Indonesia)
Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin. (Foto: Rusdy Nurdiansyah/Ruzka Indonesia)

RUZKA REPUBLIKA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 1.423.747 orang.

"DPS untuk Pilkada Kota Depok telah kami tetapkan sebanyak 1.423.747," ujar Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin dalam rapat pleno terbuka yang diadakan di Hotel Santika, Kecamatan Beji, Kota Depok, pada Sabtu (10/08/2024).

Menurut Willi, jumlah tersebut mengalami penurunan dari sebelumnya mencapai 1.425.656 orang pemilih.

"Ya jumlahnya mengalami penurunan dari data sebelumnya yang mencapai 1.424.656 orang, setelah kami melakukan pengecekan dan menemukan data ganda," terangnya.

Menurut Willi, bahwa proses penetapan DPS ini merupakan tahapan berjenjang yang dimulai dari penerimaan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari KPU RI, yang kemudian diteruskan ke KPU Provinsi dan KPU Kota Depok.

"Setelahnya, KPU Kota Depok melakukan proses pencocokan dan penelitian selama sebulan, dari Juni hingga Juli 2024," jelasnya.

Lanjut Willi, sebelum penetapan DPS, KPU Kota Depok juga telah menetapkan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di tingkat kelurahan dan kecamatan.

"Proses ini juga melibatkan partisipasi masyarakat yang dapat memberikan masukan, seperti melaporkan pemilih yang telah meninggal atau pindah domisili, yang akan ditindaklanjuti pada masa perbaikan," ungkapnya.

Sebagai informasi, rapat pleno penetapan DPS ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos, Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Arya Perdana, Dandim 0508 Depok Kolonel, Iman Widhiarto, serta beberapa perwakilan dari instansi terkait. (***)

× Image