Home > Ekonomi

Gosip PHK Massal Menerpa Shopee di Media Sosial

Kabar ini diembuskan dua akun media sosial, berikut informasinya
Isu PHK massal melanda shopee Sumber:
Isu PHK massal melanda shopee Sumber:

RUZKA INDONESIA -- Berita pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan startup kembali menjadi perhatian publik. Kali ini, Shopee, sebuah perusahaan e-commerce besar, menjadi topik perbincangan setelah dilaporkan melakukan PHK massal terhadap 1000 karyawan.

Informasi ini disebarkan oleh akun media sosial Instagram @ecommurz dan akun X @v_vi_mcmxcv. Berikut adalah cuitan dari akun X @v_vi_mcmxcv:

"Hari ini ada lagi startup Indonesia yang melakukan PHK. Shopee memecat kakakku dengan cara yang tidak adil. Setelah bekerja selama 7 tahun di 4 atau 5 divisi berbeda. Padahal anaknya baru saja masuk TK (pra-sekolah)."

Cuitan tersebut, hingga hari ini (1/8), telah mendapat 42 ribu views, 722 likes, dan 125 retweet.

Pemilik akun tersebut khawatir kakaknya akan kesulitan mencari pekerjaan karena usianya yang sudah lebih dari 30 tahun.

"Saudaraku sudah berusia lebih dari 30. Mencari kerja di usia lebih dari 30 sangat sulit. Saat aku kehilangan pekerjaan di usia 27 saja, sebagian besar lowongan kerja mencari karyawan berusia maksimal 25–27 tahun. Dia punya usaha sampingan, tetapi tetap saja..."

Berita tentang PHK Shopee juga muncul di postingan @ecommurz, sebuah komunitas yang rutin membagikan meme terkait e-commerce dan teknologi.

Meski jumlah karyawan yang terkena PHK cukup banyak, dia heran karena tidak ada media mainstream yang memberitakannya. Buktinya, saat mencoba mencari informasi PHK di Google dengan kata kunci "Shopee PHK", yang muncul adalah berita CNBC berjudul "Shopee Panen Cuan Gede, Bos Besar Ungkap Rahasianya."

Tidak tahan dengan situasi tersebut, dia pun menyuarakan pendapatnya. "Mengapa tidak ada media besar yang meliput ini? Ada 1.000 orang yang terkena PHK kali ini, terutama dari tim operasional dan layanan pelanggan."

Perlu diketahui, dalam dua tahun terakhir, Shopee telah melakukan tiga kali PHK di Indonesia.

Pertama kali terjadi pada September 2022 dengan 3% dari total 6.000 karyawan terkena dampaknya.

Dua bulan kemudian, pada November 2022, Shopee kembali melakukan PHK. Meskipun jumlah pastinya tidak diketahui, mayoritas karyawan yang terkena berasal dari divisi Sumber Daya Manusia (SDM) serta Pembelajaran dan Pengembangan. Sebelumnya, pada Juni 2022, pemangkasan karyawan juga dilakukan di unit ShopeeFood.

Terakhir, pada 9 Maret 2023, Shopee kembali mengumumkan PHK dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Tim yang terkena dampak berasal dari divisi operasional. Apakah tahun ini Shopee akan melakukan PHK lagi? Kita tunggu saja penjelasan resminya.

× Image