Home > Komunitas

SMKN 8 Bandung Dapat Mesin Bubut dari Wings, Wujudkan SDM Siap Kerja

Tim Engineering Wings Group juga memberikan pelatihan langsung untuk memastikan pemahaman dan penggunaan alat yang optimal bagi guru dan siswa.
Yayasan Wings Peduli berkolaborasi dengan SMKN 8 Bandung melalui donasi mesin bubut dan milling serta pelatihan public speaking untuk para guru. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Yayasan Wings Peduli berkolaborasi dengan SMKN 8 Bandung melalui donasi mesin bubut dan milling serta pelatihan public speaking untuk para guru. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA - Yayasan Wings Peduli mendonasikan mesin bubut dan milling untuk praktik siswa dan memberikan pelatihan public speaking kepada guru di SMKN 8 Bandung. Kegiatan ini untuk meningkatkan relevansi siswa vokasi dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Inisiatif ini merupakan komitmen #WingsPeduliPendidikan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

H Agus Nugroho, Kepala SMKN 8 Bandung mengatakan, bantuan dari Yayasan Wings Peduli sangat berarti karena dapat memperkaya alat praktik siswa dan meningkatkan keterampilan komunikasi guru, apalagi dengan melibatkan karyawan Wings Group.

“Kami berharap mesin bubut dan milling ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh guru dan siswa, sehingga mereka lebih adaptif saat terjun ke lapangan,” ungkapnya.

Mesin bubut dan milling merupakan mesin perkakas yang digunakan untuk membuat sparepart mesin produksi dalam industri manufaktur. Kedua mesin produksi ini kemudian direstorasi agar siap dipakai untuk praktik, sekaligus upaya ramah lingkungan dengan memperpanjang usia mesin dengan memberi manfaat bagi komunitas sekitar.

Saat penyerahan mesin produksi, tim Engineering Wings Group juga memberikan pelatihan langsung untuk memastikan pemahaman dan penggunaan alat yang optimal bagi guru dan siswa. Diberikan pula materi penggunaan mesin, yakni teknik dasar pemeliharaan alat, penerapan mesin dalam praktik produksi, dan keselamatan kerja selama proses pembelajaran.

Yayasan Wings Peduli juga memberikan pelatihan public speaking oleh tim Marketing dan Corporate Learning and Development Wings Group bagi puluhan guru SMKN 8 Bandung. Pelatihan ini dirancang untuk membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan, seperti taktik menyampaikan materi ajar secara efektif, mengelola kelas berdasarkan karakter siswa, dan berkomunikasi dengan generasi muda.

Melalui komunikasi yang tepat sasaran, para guru diharapkan dapat mendampingi murid-murid vokasi untuk semakin percaya diri, adaptif, dan responsif agar dapat memenuhi standar keterampilan dunia industri dan dunia kerja.

Sheila Kansil, Perwakilan Yayasan Wings Peduli, menjelaskan bantuan untuk SMKN 8 Bandung merupakan salah satu program Yayasan Wings Peduli di pilar pendidikan untuk masa depan tenaga kerja Indonesia, dengan membangun jaringan talenta yang siap kerja dan berkompeten untuk memperkaya ekosistem industri FMCG. “Kami berharap, kegiatan ini dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi sosial dan ekonomi, serta menciptakan generasi emas 2045, sejalan dengan misi dari pilar pendidikan kami,” ungkapnya.

Yayasan Wings Peduli sebelumnya telah melakukan program serupa dengan salah satu SMK di Bandung berupa pemberian prototype mesin produksi, penyelarasan kurikulum hingga penyerapan tenaga terampil. Berbagai upaya ini merupakan komitmen Yayasan Wings Peduli untuk menyentuh siswa dan guru di Indonesia dalam upaya memperkuat kualitas, sarana, dan prasarana pendidikan Indonesia. Semua upaya ini sejalan dengan filosofi Wings Group, yaitu "The Good Things in Life Should be Accessible for All". ****

× Image