Home > Komunitas

Disdik Depok Ajak PWI Terlibat di MPLS di 34 SMPN di Kota Depok, Tema Siswa Juara Cerdas Bermedsos

PWI Kota Depok akan menerjunkan 24 wartawan sebagai pemateri MPLS di 34 SMPN di Kota Depok selama 3 hari.
Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah memimpin rapat persiapan pelaksanaan MPLS di 34 SMPN di Kota Depok. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah memimpin rapat persiapan pelaksanaan MPLS di 34 SMPN di Kota Depok. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA -- Awali masa sekolah jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) tahun ajaran baru 2024/2025 yang dimulai pada Senin, 15 Juli 2024 akan dilaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru selama 3 hari, pada 15-17 Juli 2024.

Kegiatan MPLS Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, dan Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP).

Dalam MPLS 2024 ini, pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok, Polrestro Depok dan. TNI untuk memberi materi motivasi.

PWI Kota Depok akan menerjunkan 24 wartawan sebagai pemateri MPLS di 34 SMPN di Kota Depok selama 3 hari.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMPN Kota Depok, Sumarno, MPd mengatakan MPLS akan dilaksanakan serentak di 34 SMP Negeri selama 3 hari (15-17 Juli 2024).

“Pematerinya bukan hanya dari pihak sekolah, tetapi melibatkan Kodim, Polres, Kesbangpol, Impresia, dan PWI untuk memberikan pembekalan di tiap sekolah selama MPLS kepada siswa didik baru,” ungkap Sumarno dalam keterangan yang diterima, Sabtu (13/07/2024).

MPLS tahun ini, kami libatkan PWI Kota Depok dengan harapan tumbuh budaya positif bagi siswa baru dalam berliterasi digital dan pentingnya memahami etika bermedia sosial. Sekaligus dapat mengembangkan kemampuan menulis siswa.

“Kenapa PWI, karena mereka yang kompeten untuk menyampaikan materi tersebut, sebab peran jurnalis bukan hanya menulis berita, tapi juga memberi edukasi. Jurnalisme juga senapas dengan program Merdeka Belajar. Yakni, berpikir kritis dan mampu menganalisis serta menyajikan informasi dengan benar,” jelasnya.

Sekretaris Disdik Kota Depok, Sutarno menegaskan, ini kali pertama Disdik Kota Depok mengandeng PWI Kota Depok untuk terlibat sebagai guru dihadapan para siswa baru SMPN.

"Selama ini, kan wartawan itu berkerja meliput dan mewawancarai. Nah, kami ajak para wartawan untuk mencoba sebagai guru. Semoga bisa ya, tapi saya yakin bisa kok. Para wartawan PWI Kota Depok itu sudah kompeten semua. Saya apresiasi para wartawan PWI Kota Depok yang bersedia menyanyikan ilmunya ke para siswa baru SMPN, sehingga tentunya dapat memotivasi," papar Sutarno.

Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah menyebut keterlibatan PWI dalam kegiatan MPLS ini merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat.

"Ini bagian dari program Pengabdian Masyarakat. PWI Kota Depok terpanggil untuk memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan untuk mendorong siswa gemar menulis dan paham tentang dasar-dasar etika jurnalistik. Ini akan mendorong siswa menjadi pembaca yang kritis dan cerdas dalam berliterasi digital tentunya, terutama harus bijak bermedsos," terangnya.

PWI Kota Depok akan menerjunkan 24 wartawan anggota PWI Kota Depok yang sudah memiliki sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Dewan Pers.

“Kita sudah buatkan jadwal untuk mereka sebagai pemateri ke 34 SMPN di Kota Depok. Giat ini juga dijadikan para wartawan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di hadapan publik atau sebagai guru. Nggak gampang jadi guru, nah ini jadi tantangannya," tutur Rusdy. (***)

× Image