Home > Sekolah

Ribuan Siswa Naungan Cabdin Wilayah Jember Masuk PTN Melalui SNBP 2024

Ribuan siswa yang lolos dari Jember dan Lumajang itu, berasal dari SMA dan SMK yang berada dibawah naungan Cabdin Wilayah Jember, dengan rincian 1.002 dari SMA dan 355 dari SMK.
Siswa SMA dan SMK Cabdin Jember diterima di PTN lewat jalur SNBP. (Foto: Dok SMA dan SMK Cabdin Jember)
Siswa SMA dan SMK Cabdin Jember diterima di PTN lewat jalur SNBP. (Foto: Dok SMA dan SMK Cabdin Jember)

RUZKA INDONESIA -- Sebanyak 1.357 siswa dari naungan Cabang Dinas Wilayah Jember masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024.

Ribuan siswa yang lolos dari Jember dan Lumajang itu, berasal dari SMA dan SMK yang berada dibawah naungan Cabdin Wilayah Jember, dengan rincian 1.002 dari SMA dan 355 dari SMK.

Ribuan siswa yang lolos itu, diantaranya diterima di Universitas Indonesia, Universitas Gajahmada, Institut Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Surabaya dan sebagainya.

Namun sebagian besar, siswa itu diterima di Universitas Jember, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan lainnya. Bahkan juga, diterima di PTN diluar pulau Jawa.

"Tahun 2024 ini, 1.357 siswa kita lulus SNBP di berbagai PTN," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Jember, Sugeng Trianto, Kamis (28/03/2024).

Kepastian kelulusan itu, menurut Sugeng, berdasarkan pengumuman kelulusan SNBP yang diumumkan serentak oleh panitia pusat.

Dimana tahun ini, para siswa telah menunjukkan prestasi yang gemilang dalam seleksi berbasis prestasi di terima PTN, semua ini berkat kerja keras semua pihak.

“Prestasi yang membanggakan ini atas jerih payah Bapak dan Ibu, Kepala sekolah dan semua dewan guru, serta dukungan dari orang tua, kami ucapkan terimakasih untuk semuanya," jelas Sugeng.

Diketahui bersama, SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik, menggunakan rapor serta portofolio akademik dan non akademik siswa.

Rapor yang digunakan, semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun, atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Sementara itu, Kasi SMK Cabdin Wilayah Jember, Muhammad Khotib menyampaikan selamat kepada para siswa yang telah diterima di PTN.

"Selamat anak-anakku atas kelulusan SNBP 2024. Kerja keras dan dedikasi belajarmu selama ini telah membuahkan hasil yang membanggakan," terangnya. (***)

Reporter: Sugianto

× Image