Home > Ekonomi

Depok Gelar Pasar Murah Ramadhan 2024, Sebagai Upaya Tekan Inflasi

Pasar Murah Ramadhan 2024 akan berlangsung 18-26 Maret 2024. Salah satu gelaran telah dilaksanakan di Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong.
Pemkot Depok gelar Pasar Murah Ramadhan 2024 di 11 kecamatan. (Foto: Dok Diskominfo Kota Depok)
Pemkot Depok gelar Pasar Murah Ramadhan 2024 di 11 kecamatan. (Foto: Dok Diskominfo Kota Depok)

RUZKA INDONESIA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) menggelar Pasar Murah Ramadhan 2024 di 11 kecamatan di Kota Depok.

Pasar Murah Ramadhan 2024 akan berlangsung 18-26 Maret 2024. Salah satu gelaran telah dilaksanakan di Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong.

Di Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong ditebar Sebanyak 107 paket sembako yang diberikan kepada warga penerima manfaat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri didampingi Kepala Disdagin Kota Depok, Dudi Mi'raz Imaduddin, Camat Cilodon Zaenal Arifin dan Lurah Kalimulya Asep Mustopa menyerahkan secara langsung paket sembako kepada warga penerima manfaat di Halaman Kantor Kelurahan Kalimulya, Selasa (19/03/2024).

Ia mengatakan, pasar murah merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

Sebab, diketahui sejak menjelang Ramadan harga-harga pangan naik dan cukup berimbas pada daya beli masyarakat.

"Pemerintah memberikan subsidi di setiap satu paket sembakonya, ini juga bagian dari upaya menekan inflasi dan mendorong keterjangkauan daya beli masyarakat," jelas Supian.

Paket sembako ini dibeli dengan harga Rp 53 ribu dari semulanya Rp 138.300 per paket, ada subsidi 60 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok Tahun 2024.

Lanjut Supian, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus berupaya melakukan upaya menekan inflasi dari hulu ke hilir. Sepeti pemantauan stok dan harga pangan selama Ramadhan, berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi terkait permintaan pasokan bahan pokok.

"Alhamdulillah ketersediaan bahan pokok aman, harga relatif terjangkau. Inflasi Depok saat ini 2,36 masih di bawah nasional," ucapnya.

Pihaknya, lanjut Supian berharap masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan sembakonya, terutama saat Ramadhan dan jelang Idul Fitri 1445 H.

"Kami harap masyarakat jangan khawatir dengan membeli bahan pokok dalam jumlah banyak, InsyaAllah inflasi dan ketersediaan pasokan juga aman," harapnya. (***)

× Image