Home > Nasional

Akibat Banjir di Semarang, Kereta Api Pandalungan Terlambat Datang di Stasiun Jember

Atas keterlambatan itu, PT KAI Daop 9 Jember menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan.
Seorang petugas PT KAI sedang melakukan pengecekan kedalaman banjir. Banjir di Semarang akibatkan Kereta Api Pandalungan terlambat datang di stasiun Jember (Foto: Dok.Daop 9 Jember)
Seorang petugas PT KAI sedang melakukan pengecekan kedalaman banjir. Banjir di Semarang akibatkan Kereta Api Pandalungan terlambat datang di stasiun Jember (Foto: Dok.Daop 9 Jember)

RUZKA INDONESIA -- Akibat banjir yang terjadi di Semarang, Kereta Api Pandalungan terlambat datang di Stasiun Jember.

Atas keterlambatan itu, PT KAI Daop 9 Jember menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan.

Diketahui, Kereta Api Pandalungan relasi Gambir - Jember yang terdampak adanya banjir di wilayah Daop 4 Semarang.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro dalam siaran persnya menyampaikan, hingga hari ini pukul 07.00 WIB telah terjadi banjir di beberapa titik di Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Alastua yang masuk wilayah Daop 4 Semarang.

"Genangan air ketinggiannya mencapai 10 centimeter dari bagian rel paling atas, sehingga tidak mungkin dilewati," jelasnya, Kamis (13/3/2024).

"Bahkan, ada beberapa kereta api harus memutar perjalanannya. KA Pandalungan memutar lewat Tegal, Prupuk, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Gambringan dan Surabaya," sebutnya.

Cahyo menyampaikan, kedatangan KA Pandalungan diperkirakan tiba di stasiun Jember pukul 16.45 WIB.

Atas keterlambatan itu, PT KAI memberi kompensasi berupa minuman dan makanan sesuai aturan yang berlaku.

"Bagi pelanggan KA Pandalungan yang perjalanan kereta apinya terdampak kelambatan dapat membatalkan tiket perjalanannya di Loket stasiun dan bea akan di kembalikan 100% di luar bea pesan," ungkap Cahyo.

"Saat ini tim dari KAI sedang berupaya secara maksimal agar banjir dapat segera diatasi dan perjalanan KA dapat normal kembali," tutupnya.

Reporter: Sugianto

× Image