Home > Nasional

Program BPN Depok Ada Layanan Hari Libur, Berikut Pelayanan

Program Pelataran ini dikhususkan bagi warga yang sibuk di hari kerja dan tidak bisa mengurus tanahnya sendiri.
Kepala Kantor BPN Kota Depok, Indra Gunawan.
Kepala Kantor BPN Kota Depok, Indra Gunawan.

www.ruzkaindonesia.id--Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok memiliki program bertajuk Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran).

Adapun program tersebut merupakan pelayanan khusus di hari libur untuk mengurus sertifikat dan administrasi pertanahan yang dilakukan di hari Sabtu-Minggu, dan dibuka sejak pukul 08.00-12.00 WIB.

“Sebenarnya program Pelataran ini sudah hadir sejak 2022. Fungsinya, memudahkan masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah di akhir pekan yang tidak dikuasakan,” ujar Kepala Kantor BPN Kota Depok, Indra Gunawan di Kantor BPN Kota Depok, Selasa (13/02 2024).

Program Pelataran ini dikhususkan bagi warga yang sibuk di hari kerja dan tidak bisa mengurus tanahnya sendiri.

Maka program Pelataran menjadi solusi dari keterbatasan waktu yang dialami.

“Jadi bagi yang sibuk di hari kerja bisa manfaatkan waktu pada Sabtu dan Minggu ke Kantor BPN Kota Depok untuk mengurus sertifikat, termasuk hal-hal lain menyangkut pertanahan tanpa harus dikuasakan,” terang Indra.

Lanjut Indra, program Pelataran diharapkan menjadi jalan keluar untuk memudahkan pengurusan administrasi pertanahan di tengah kesibukan warga di hari kerja.

“Kalau program Pelataran dalam posisi off atau tidak aktif di Kantor BPN Kota Depok, dipastikan karena terbentur cuti bersama. Maka untuk informasi detail, masyarakat bisa melihat pengumuman di media sosial yang sudah kami unggah,” jelasnya.

Program Pelataran ini sebagai upaya meningkatkan efisiensi waktu, dalam mendukung pengurusan sertifikat tanah menjadi lebih cepat dan efisien tanpa perantara.

“Mari kita manfaatkan program Pelataran ini untuk memudahkan warga dan efisien waktu di hari libur. BPN Kota Depok siap membantu dan berikan pelayanan sebaik mungkin,” tutur Indra.

Untuk warga yang ingin mengetahui lokasi detailnya, masyarakat dapat melihat daftar di Kantor BPN Kota Depok di Sabtu-Minggu dengan mengecek link ini https://bit.ly/InfoPELATARAN. Sementara, jika warga ingin tetap mengurus sendiri di hari kerja, Kantor Pertanahan Kota Depok telah menyediakan Loket Prioritas.

Berikut ini manfaat program Pelataran:

1. Meningkatkan pelayanan publik.

Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam mengurus pertanahan.

2. Meningkatkan kepercayaan publik.

Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Kantor Pertanahan di bawah Kementerian ATR/BPN.

Jenis Layanan:

1. Roya Hak Tanggungan.

2. Ganti Nama/Merger Bank pada Hak Tanggungan.

3. Pendaftaran Peningkatan Hak.

4. Validasi Buku Tanah.

Persyaratan:

1. Membawa kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan.

2. Mengambil nomor antrian di loket Pelataran.

3. Membayar biaya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

(***)

× Image