Home > Ekonomi

Samsat Depok II Cinere Memiliki Potensi Pajak Kendaraan Bermotor Mencapai Rp 259 Miliar

Nilai ini sesuai dari perkembangan unit kendaraan bermotor yang jumlahnya mencapai 385.004 unit.
Kantor Samsat Depok II Cinere.

ruzka.republika.co.id--Potensi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Samsat Depok II Cinere yang berada di wilayah pelayanan Cinere pada 2023 mencapai Rp 259 miliar. Nilai ini sesuai dari perkembangan unit kendaraan bermotor yang jumlahnya mencapai 385.004 unit.

“Diperkirakan potensi PKB mencapai 385 ribu kendaraan, baik motor maupun mobil, dengan asumsi pendapatan yaitu Rp 259 miliar. Ini menjadi kabar baik juga tantangan untuk kami agar bisa mencapai target tersebut,” ujar Kepala Pusat Samsat Depok II Cinere Enih Srimurni dalam keterangan yang diterima, Rabu (9/8/2023).

Menurut Enih, jumlah kendaraan setiap tahun meningkat, sehingga akan mempengaruhi potensi PKB yang didapat. Meski begitu, penelusuran pajak juga terus dilakukan untuk memperbarui data, seiring penambahan kendaraan.

“Kami optimistis target bisa tercapai. Karena jika dilihat dari tahun lalu atau 2022, realisasi pendapatan PKB sebesar Rp 262 miliar atau 103 persen dari target Rp 254 miliar. Mudah-mudahan tahun ini juga melebihi target,” ujar dia.

Dia menambahkan, pihaknya memiliki beberapa program terobosan agar target realisasi PKB tercapai yakni diantaranya, pembentukan tim penelusur Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) dan program Pengiriman Surat Cinta kepada Para Penunggak Pajak. "Peran dan dukungan dari mitra di antaranya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Kepolisian, Jasa Raharja dan bank BJB juga sangat mempengaruhi. Sinergitas ini yang akan terus kami bangun agar pencapaian PKB tahun ini juga tercapai,” kata Enih. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image