Home > News

Dinas PUPR Depok Perbaiki Longsor Turap Kali Ciledug

Penanganan dilakukan setelah sebelumnya mendapat laporan dari warga sekitar melalui lurah setempat.
Dinas PUPR Kota Depok sedang lakukan perbaikan longsor turap di Kali Ciledug.

ruzka.republika.co.id--Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok melakukan penanganan longsor di Kali Ciledug Jalan Pamulang Elok RW 014 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Penanganan dilakukan setelah sebelumnya mendapat laporan dari warga sekitar melalui lurah setempat.

"Laporan masuk sekitar akhir Juni. Sebelum ditangani, kami melakukan survei dan menjadwalkan satgas untuk ke lokasi. Saat ini penanganan dilakukan dengan pengangkatan material longsor dan akan dilanjut dengan pembuatan turap," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty dalam keterangan yang diterima, Rabu (12/07/2023).

Satgas Dinas PUPR Kota Depok yang dikerahkan yaitu satu regu atau 10 personel. Pekerjaan dilakukan secara manual. Longsor memiliki tinggi 2,5 meter dan panjang 15 meter.

"Penyebab longsor, karena intensitas hujan tinggi, sehingga struktur tanah dan bebatuan bergerak ke tempat yang lebih rendah. Longsoran menutupi aliran Kali Ciledug," jelas Citra. Lanjut Citra, pekerjaan ini menggunakan anggaran pemeliharaan dari APBD Kota Depok. "Tidak ada target. Yang jelas harus sampai selesai. Kami juga kerahkan satu unit dumptruck," ungkapnya.

Dia berpesan, kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi beberapa hari ke depan. Utamanya waspada terhadap potensi keretakan tanah yang bisa menimbulkan longsor.

"Cuaca ekstrem masih akan terus terjadi beberapa hari ke depan. Kami meminta masyarakat untuk melapor jika ada potensi longsor ataupun banjir di wilayah masing-masing. Laporan bisa ditujukan ke Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 maupun ke Kantor Dinas PUPR yang berada di Jalan Raya Bogor Km 34,5, maupun via twitter di @DinasPUPR atau di nomor 082311835135. Nanti tim kami yang akan mengecek dan menindaklanjuti,” papar Citra. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image