Home > Edukasi

Entaskan Kemiskinan, Depok Salurkan KDS Pendidikan untuk 846 Siswa SMA

Ratusan siswa tersebut merupakan siswa terpilih dari 103 SMA/sederajat di Kota Depok.
Dinsos Kota Depok menyerahkan KDS Pendidikan untuk siswa SMA/sederajat di Balai Kota Depok, Kamis (06/07/2023). (Foto: Dok Diskominfo Kota Depok).

ruzka.republika.co.id--Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok menyalurkan bantuan Kartu Depok Sejahtera (KDS) pendidikan kepada 846 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat. Ratusan siswa tersebut merupakan siswa terpilih dari 103 SMA/sederajat di Kota Depok.

"Bantuan beasiswa ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengentaskan kemiskinan," kata Kepala Dinsos Kota Depok, Asloeah Madjri, Kamis (06/07/2023).

Adapun besaran bantuan yang diberikan sebesar Rp 2 juta per siswa. "Dengan bantuan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan," ucap Asloeah.

Dia merinci, 846 siswa yang menerima bantuan KDS pendidikan terbagi atas 76 siswa dari sembilan SMA Negeri, 65 siswa dari Madrasah Aliyah (MA) dan SMA swasta, 57 siswa dari empat sekolah SMK Negeri, dan 648 siswa dari SMK swasta.

Seluruh siswa yang mendapatkan bantuan tersebut telah menjalani verifikasi secara ketat. Pada tahap pertama, sebanyak 1.017 siswa berhasil lolos verifikasi, kemudian setelah menjalani pemberkasan, terpilih 846 siswa lolos dan mendapatkan bantuan KDS pendidikan.

"Target kami 1.718 siswa, namun setelah menjalani verifikasi dan pemberkasan, hanya 846 siswa yang lolos dan dapat bantuan," terang Asloeah.

Dia berpesan kepada seluruh siswa yang mendapatkan bantuan KDS pendidikan untuk terus bersemangat dalam menempuh pendidikan. Selain itu, juga termotivasi untuk dapat terus melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

"Harapan kami anak-anak dapat terus belajar dengan optimal terlebih setelah mendapatkan bantuan dana dari pemerintah," harap Asloeah. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image