Home > Edukasi

Deteksi Kanker, 177 Orang Ikuti Pemeriksaan Pap Smear di Dinkes Depok

Hasil laporan akhir kegiatan dengan rincian Pap Smear 136 orang dan IVA 41 orang.
Warga Kota Depok Ikuti pemeriksaan Pap Smear dan IVA.

ruzka.republika.co.id--Sebanyak 177 orang mengikuti pemeriksaan Pap Smear dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) yang diadakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jumat (12/05/2023). Pemerikasaan tidak dikenakan biaya atau gratis.

Pelaksanaan pemeriksaan terbagi menjadi dua sesi. Untuk sesi pertama pukul 09.00 hingga 10.00 WIB dan sesi kedua pukul 10.30 hingga 11.30 WIB. "Hasil laporan akhir kegiatan dengan rincian Pap Smear 136 orang dan IVA 41 orang," ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Jumat (12/05/2023).

Pemeriksaan IVA dan Pap Smear dilakukan untuk skrining dan deteksi dini kanker leher rahim atau gejala infeksi. Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan skrining pemeriksaan faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

"Kita lalukan cek tekanan darah, cek gula darah sewaktu, cek cholesterol dengan indikasi dan konseling faktor resiko PTM," terangnya.

Sementara itu, Wilma, warga Kecamatan Sukmajaya yang ikut melakukan pemeriksaan mengaku sangat mendukung atas terselenggaranya pemeriksaan Pap Smear dan IVA ini. Menurutnya pemeriksaan ini menjadi penting agar mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita sedari awal.

"Semoga ini rutin diadakan ya, minimal enam bulan sekali diadakan dan digalakkan terus kegiatan seperti ini," tuturnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image