Home > Olahraga

Hasil Undian Piala Asia U-17 2023: Pertarungan Keras di Grup B

Grup maut ini dihuni Korsel, Iran, Afganistan dan Qatar.
Kejutan terhampar pada undian grup Piala Asia U-17 2023, Kamis (30/3/2023).

ruzka.republika.co.id - Kejutan terhampar pada undian grup Piala Asia U-17 2023, Kamis (30/3/2023). Tuan rumah Thailand satu grup dengan sesama Asia Tenggara: Malaysia dan Laos.

Thailand, selaku tuan rumah, berada di Grup A, bersama dua wakil Asia Tenggara lainnya, yakni Malaysia dan Laos. Satu tim lagi adalah Yaman. Peserta grup ini terbilang merata kekuatannya. Tapi Thailand dan Yaman lebih difavoritkan.

Pertarungan keras justru di berada Grup B. Grup maut ini dihuni Korsel, Iran, Afganistan dan Qatar. Ini merupakan grup yang ketat, dengan tiga mantan jawara di dalamnya.

Kemudian Grup C juga terbilang alot. Ada Tajikistan, Australia, Arab Saudi, dan Cina. The Young Socceroos - julukan Australia U-17 - akan coba lolos untuk memburu gelar perdana mereka.

Grup D dihuni wakil terakhir dari Asia Tenggara, yakni Vietnam. Mereka akan bersaing dengan India, Uzbekistan, dan juara bertahan Jepang.

Piala Asia U-17 2023 akan diselenggarkan di Thailand pada 15 Juni hingga 2 Juli mendatang.

Timnas Thailand U-17 lolos sebagai salah satu runner-up terbaik, bukan hanya mengandalkan status tuan rumah.

Malaysia U-17, di sisi lain, menjuarai grup kualifikasi. Pada laga penentuan, 9 Oktober tahun lalu, Malaysia U-17 membantai Indonesia U-17 dengan skor 5-1 di Stadion Pakansari. Hasil tersebut sekaligus memupus harapan Garuda Muda lolos lewat jalur runner-up terbaik.

Jatah mereka direbut Laos U-17, yang berangkat ke putaran final sebagai peringkat kedua di belakang sang juara grup, Iran.

Sementara, Vietnam U-17 adalah juara grup dengan mengungguli Thailand U-17. Sama seperti Malaysia U-17 dan Indonesia U-17, tiket ditentukan pada laga pamungkas, dengan Vietnam U-17 menang telak 3-0.* (yayan)

× Image