Home > Edukasi

Sekolah Aktif Literasi Nasional Kuatkan Budaya Literasi Santri MA Al-Hamidiyah Kota Depok

MA Al-Hamidiyah Kota Depok mengikuti berbagai kegiatan lomba dan pelatihan khusus bertema literasi. Salah satunya, MA Al-Hamidiyah Kota Depok mengikuti Program Kegiatan Gerakan Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) yang diadakan oleh Nyalanesia yang
Karya puisi adalah karya tulis yang populer untuk para santri. MA Al-Hamidiyah Kota Depok mengikutsertakan 50 santri, 2 orang guru, 1 orang Pustakawan dan Kepala Madrasah. "Tema yang diusung oleh MA Al-Hamidiyah Kota Depok adalah “Aku dan Pesantrenku”.

ruzka.republika.co.id--Sejak 2021, Madrasah Aliyah (MA) Al-Hamidiyah Kota Depok terus mengupayakan kegiatan Literasi untuk para santri. Hal ini selaras dengan program nasiona-Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Selain itu, MA Al-Hamidiyah Kota Depok mengikuti berbagai kegiatan lomba dan pelatihan khusus bertema literasi.

Salah satunya, MA Al-Hamidiyah Kota Depok mengikuti Program Kegiatan Gerakan Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) yang diadakan oleh Nyalanesia yang di mulai Juni 2022.

GSMB merupakan sebuah program pengembangan literasi sekolah, yang memfasilitasi para siswa dan guru untuk menghasilkan karya dan menerbitkannya. Selain itu, peserta GSMB pun mendapatkan pelatihan dari para profesional salah satunya adalah Okky Madasari, penulis Best Seller Indonesia.

Karya puisi adalah karya tulis yang populer untuk para santri. MA Al-Hamidiyah Kota Depok mengikutsertakan 50 santri, 2 orang guru, 1 orang Pustakawan dan Kepala Madrasah. "Tema yang diusung oleh MA Al-Hamidiyah Kota Depok adalah “Aku dan Pesantrenku”.

"Tema ini diharapkan bisa menjadi sebuah media untuk menuangkan kisah kehidupan para santri di pesantren. Dari puisi tersebut, para pembaca juga bisa mendapatkan inspirasi tentang makna belajar sebagai Santri. Alhamdulillah, puisi-puisi tersebut sudah dibukukan dan dipublikasikan," ujar Kepala MA Al-Hamidiyah, Ira Asmara, S.Pd.M.M, Sabtu (25/02/2023).

Para Juara lomba adalah Nurhalisa Hasanah Kelas XIII IPA 2 sebagai Juara I dengan judul “Sudut Pesantren”, Juara II, Tyas Suri Mawardhani Kelas XI IPS dengan judul karya “Aku dan Pesantrenku” dan Juara III adalah Keisha Auriel Della Casia Kelas XII IPA2 dengan judul puisi “Sekilas Kehidupan di Pondok”.

Para juara ini pun akan mewakili sekolah dalam ajang Siswa Penulis Tingkat Nasional Kategori Karya Puisi. MA Al-hamidiyah pun dianugrahi penghargaan sebagai Sekolah Aktif Literasi Tingkat Nasional Tahun 2022. Selain itu guru dan Kepala Sekolah pun mendapatkan Piagam penghargaan Pembina Literasi Sekolah, dan Kepala Sekolah Aktif Literasi.

Koordinator Perpustakaan Sekolah Al-Hamidiyah menyerahkan Plakat penghargaan “Sekolah Aktif Literasi Nasional Tahun 2023” kepada KH.Abdul Rasyid Marhaly, Lc selaku Wakil Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, Jumat (24/02/2023).

Kepala MA Al-Hamidiyah, Ira Asmara, S.Pd.M.M, memberikan pesan-pesan kepada para santri bahwa para santri MA Al-Hamidiyah perlu memotivasi diri untuk terus mengasah talenta menulis yang dimilikinya dengan menuangkannya kedalam berbagai karya.

"Dengan terus menulis, maka kemampuan untuk menuangkan buah pikiran akan lebih berkembang. Bonusnya bisa menghilangkan stress dan mencegah dari penyakit Alzheimer," terangnya.

Mengikuti GSMB Nasional merupakan salah satu langkah sekolah demi memajukan literasi di pesantren. "Besar harapan bagi para santri agar terus berkarya dan menciptakan hal-hal yang inovatif yang dapat bermanfaat bukan hanya untuk dirinya sendiri namun juga khalayak luas. Salam Literasi!," pungkas Ira. (Aam/Rusdy Nurdiansyah)

× Image