Home > News

Sukses Belajar Online dengan Kemampuan Literasi Digital

Seiring majunya teknologi, komunikasi antarmanusia terus berkembang.
Key Opinion Leader Desto
Key Opinion Leader Desto

ruzka.republika.co.id - Berbicara teknologi, tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki ketergantungan terhadap orang lain, membutuhkan interaksi dengan lingkungan. Interaksi ini salah satunya melalui komunikasi.

Seiring majunya teknologi, komunikasi antarmanusia terus berkembang. Jika sebelumnya manusia berkomunikasi secara lisan, kini dapat dilakukan dengan social media, telepon, telegraf, faksimili, email, sms, telekonferensi, dan sebagainya.

Semakin kekinian, proses komunikasi menjadi lebih praktis dan mudah. Karena kecanggihan ini, sehingga mampu mempengaruhi proses belajar mengajar di dunia pendidikan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama SiberKreasi menggelar program literasi digital nasional 2022 sektor pendidikan bagi siswa-siswa dan guru di Wilayah Jawa Timur.

Kegiatan webinar berlangsung pada Senin, 11 Oktober 2022 pukul 10.00 s/d 12.00 WIB. Temanya: “Sukses Belajar Online dengan Kemampuan Literasi Digital.”

Program literasi digital ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital.

Eko Pamuji, Sekretaris PWI Jatim, membuka webinar dengan mengangkat digitalisasi budaya, untuk sukses belajar online di era digital ini. Menurutnya pertama-tama harus tahu apa itu budaya yang harus kita pelajari di era digital ini.

"Budaya digital itu sebuah kebiasaan baru masyarakat atas hasil olah pikir, kreasi, dan cipta karyanya berbasis teknologi internet,” kata Eko Pamuji.

Eko Pamuji, Sekretaris PWI Jawa Timur.
Eko Pamuji, Sekretaris PWI Jawa Timur.

Lebih lanjut dikatakan kita harus mengetahui hal-hal yang nantinya akan menjadi kebiasaan baru karena mungkin saja pendidikan di masa yang akan mendatang sudah tidak butuh ruang kelas lagi.

Maka dari itu sebagai guru dan siswa harus lebih memahami teknologi digital dan harus terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Sementara itu, Key Opinion Leader Desto menambahkan, sebelum sukses belajar online di era digital ini, kita harus mengetahui kemampuan dasar yang harus dimiliki.

Ini penting untuk mengetahui, memahami, menggunakan & memanfaatkan teknologi digital, baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak dalam mengakses dan mengelola informasi.

Hal ini bertujuan agar mudah memahami teknologi yang harus digunakan. Diharapkan setiap individu sudah saatnya untuk cakap digital dengan memanfaatkan kemudahan teknologi yang tersedia.

Perlunya mengupgrade diri & digital skill (kemampuan digital) agar pembelajaran online dapat terlaksana dengan sukses dan maksimal. Juga tidak mengalami ketertinggalan dalam berbagai hal di era yang sudah serba digital.

Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan webinar nasional literasi digital di Jawa Timur. Kegiatan ini terbuka untuk para pelajar mulai dari kelas 4 SD sampai kelas 12 SMA dan para Guru.* (Yayan)

× Image