Home > News

Dinkes Depok Targetkan 3.600 Anak Diberi Vaksin PCV

Target jumlah sasaran ini sesuai dengan usia bayi yang menerima imunisasi PCV pada usia 2 bulan.
Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati.
Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati.

ruzka.republika.co.id--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mulai melakukan pemberian imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) secara gratis. Targetnya, sebanyak 3.600 anak di Kota Depok menjadi sasaran pemberian vaksin PCV.

"Target jumlah sasaran ini sesuai dengan usia bayi yang menerima imunisasi PCV pada usia 2 bulan,” ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Jumat (16/09/2022).

Menurut Mary, pemberian imunisasi PCV dilakukan dengan mempertimbangkan tingginya beban penyakit Pneumonia. Dan, adanya studi di Lombok sebagai baseline data serta rekomendasi dari WHO dan ITAGI (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization) serta tersedianya vaksin yang aman dan efektif maka telah dilaksanakannya Program Demonstrasi imunisasi PCV sejak tahun 2017 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kemudian pemberian imunisasi diperluas dan tahun 2022 diharapkan seluruh kota atau kabupaten di Indonesia bisa melaksakan introduksi PCV ke dalam program imunisasi nasional.

"Untuk di Kota Depok mulai dilaksanakan pada 12 September 2022 secara gratis melalui Posyandu, Puskesmas, dan layanan kesehatan atau pos vaksin lainnya yang sudah ditunjuk,” terangnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image