Home > Edukasi

Sosialisasi Program Project Based on Quran SMA IT Insan Mandiri Cibubur

Sosialisasi program Project Based on Quran diikuti oleh siswa Kelas X dan orang tua siswa secara online melalui aplikasi zoom meeting.
SMA IT Insan Mandiri Cibubur gelar sosialisasi program Project Based on Quran, Kamis (08/09/2022).
SMA IT Insan Mandiri Cibubur gelar sosialisasi program Project Based on Quran, Kamis (08/09/2022).

ruzka.republika.co.id--Bertempat di Aula Munif Chatib Gedung Insan Mandiri Cibubur, SMA IT Insan Mandiri Cibubur melaksanakan sosialisasi Program Project Based on Quran (PBQ), Kamis (08/09/2022). Sosialiasi diikuti oleh siswa Kelas X dan orang tua siswa secara online melalui aplikasi zoom meeting.

Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan akan pentingnya siswa belajar Project Based on Quran.

Hadir beberapa narasumber yang memberikan materi dalam sosialisasi ini. Narasumber yang pertama yaitu Ustad Hamzah Alatas, selaku Pembina Mahad menyampaikan bahwa Ilmu Al-Quran adalah ilmu yan sangat luas. Ilmu Al-Quran menyangkut aturan dan tatacara kehidupan manusia. Maka dengan belajar ilmu Al-Quran itu walaupun dipelajari sampai akhir hayat tidak akan pernah selesai. Begitu luas dan sangat dalam itulah kandungan ilmu dalam Al-Quran.

Dilanjutkan materi yang kedua dari Ustad Husin Alatas yang memberikan penguatan kepada siswa untuk menguatkan niat membulatkan tekad dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari Ilmu Al-Quran. Salah satunya dengan mengikuti pembelajaran PBQ ini. Setiap siswa harus pro aktif dalam belajar, karena ilmu akan diberikan kepada orang yang sungguh-sungguh untuk meraihnya.

Pematri ketiga yakni dari Manajer Akademik YPSJ yaitu Ayu Agus Rianti, yang menceritakan tentang latar belakang adanya pembelajaran PBQ ini. Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa kondisi masyarakat muslim saat ini berada dalam peringkat yang rendah di banding dengan umat-umat yang lain. Hal ini terjadi karena umat muslim sendiri belum sepenuhnya melakukan ajaran Islam dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa Negera yang Islamis terletak di negara yang notabene bukan negara Islam.

Hal ini merupakan salah satu pendorong agar program Project Based on Qur’an ini dilakukan. Karena dengan pembelajaran ini siswa dapat mengetahui bahwasanya antara ilmu Al-Quran dan ilmu modern itu nyambung dan dapat dijadikan suatu rujukan.

Diakhir kegiatan 2 siswa SMAIT IMC Dzaky Atha Alhakim dan Nabil Shahlan Gumilang mempresentasikan sebuah proses pembelajaran PBQ.

Mereka mempresentasikan berkaitan dengan riset Jajanan keliling yang ada dilingkungan sekitar sekolah. Mereka menceritakan dari awal kegiatan PBQ diakukan dan mengapa masalah tersebut diambil dijadikan sebuah project. (Humas YPSJ Jo/Rusdy Nurdiansyah)

× Image