Home > Gaya Hidup

Wakil Wali Kota Depok Tegaskan Lansia Juga Jadi Sasaran Pembangunan

Pemkot Depok sangat memperhatikan kesejahteraan lansia

ruzka.republika.co.id--Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menegaskan, warga lanjut usia (lansia) merupakan bagian dari sasaran pembangunan. Tentu itu harus menjadi perhatian semua pihak.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sangat memperhatikan kesejahteraan lansia. "Kami akan dorong aktivitas daya dukung kesehatan, ekonomi, dan sosial lansia dengan menggali informasi dan membuat kebijakan agar lansia Kota Depok lebih bahagia," ujar Imam saat menghadiri halalbihalal gabungan organisasi lansia di Grand Whiz Poins Simatupang, Jakarta, Selasa (28/06/2022).

Menurut Imam, ada tiga masalah yang kerap dihadapi oleh lansia. Pertama adalah kesehatan. "Karena lansia pasti akan mengalami penuaan, maka diperlukan strategi untuk pencegahan dan penanganannya agar kesehatannya mereka tetap terjaga," terangnya.

Berikutnya, lanjut Imam, adalah masalah ekonomi dan sosial dan mengajak para lansia untuk bergabung dalam organisasi lansia agar tetap bersosialisasi dan tidak merasa sendiri. "Apapun organisasinya yang penting menjadi tempat bercengkrama bagi para lansia agar mereka semakin bahagia dan tidak merasa sendiri," tuturnya.

Ketua Panitia sekaligus Ketua PKK Graseka Posbindu Limo, Tjiptaningsih Hadisuryo menjelaskan, halalbihalal rutin digelar setiap tahun untuk mempererat silaturahmi. Sekaligus membangun sinergisitas antar organisasi lansia yang tergabung di dalamnya.

Ada beberapa komunitas lansia yang mengikuti kegiatan ini. Antara lain Graseka, Perhimpunan Gerontologi Indonesia (Pergeri) Kota Depok, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Universitas Respati Indonesia, Pusat Kajian Kelanjutusiaan Universitas Indonesia, dan Ling Tien Kung.

"Pemkot Depok adalah mitra bagi kami, dan kami berharap Pemkot memberikan fasilitas yang terbaik untuk lansia, salah satunya memperbanyak pertemuan seperti ini," pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image