Dinas PUPR Depok Evaluasi Penyelenggara Pelayanan Publik untuk Tingkatkan Kualitas

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- Tingkatkan kualitas, penyelenggara pelayanan publik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok dievaluasi.
Kegiatan ini merupakan evaluasi yang dilakukan internal dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bekerjasama dengan akademisi sebagai evaluator, kepada seluruh Perangkat Daerah (PD).
Terdapat beberapa aspek penilaian. Seperti, standar pelayanan, sarana dan prasarana, inovasi, dan lain sebagainya.
Baca juga: Depok Perkuat Peran Satgas KTR di Lingkungan Pelayanan Kesehatan, Fokus Utama RS dan Puskesmas
"Kita ingin lihat yang dilakukan PD apa sudah sesuai dengan standar yang ditentukan. Jika belum, agar dilengkapi dan disempurnakan," ujar Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Novi Andriani usai melakukan evaluasi di Kantor Dinas PUPR Kota Depok, Jalan Raya Jakarta-Bogor, Rabu (04/06/25).
Menurut Novi, penilaian ini dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kepada masyarakat, khususnya oleh Dinas PUPR Kota Depok kepada pengguna layanan. Agar masyarakat di Kota Depok yang menggunakan layanan DPUPR, tidak hanya puas, tetapi juga mencapai level bahagia.
"Secara garis besar, Dinas PUPR Kota Depok sudah hampir sempurna. Hanya saja ada beberapa hal belum terpublikasi, seperti hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Namun, kami beri kesempatan untuk segera diunggah di medsos," jelasnya.
Baca juga: Resmi Beroperasi TransJabodetabek Rute SawanganLebak Bulus, Berikut Jadwal dan Tarifnya
Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty menyadari, pelayanan publik bukan hanya sekadar persoalan administrasi. Lebih dari itu, harus tercatat secara sistem dan serba digital. Untuk itu, pihaknya akan berbenah agar hasil akhir IKM menunjukan kepuasan dari responden yaitu masyarakat.
"Dengan adanya penilaian ini, kami mendapat masukan positif terkait apa saja yang kurang dan harus dilengkapi. Kami akan sempurnakan, agar bisa memberikan pelayanan prima ke masyarakat," ungkapnya. (***)