Home > Sports

Azca, Atlet Taekwondo asal Depok Raih 2 Penghargaan di Liga Taekwondo DKI Jakarta Series 8

Kompetisi bergengsi Liga Taekwondo DKI Jakarta rutin diselenggarakan oleh Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) DKI Jakarta.
Atlet Taekwondo asal Kota Depok, Azca (kiri merah) meraih 2 penghargaan di Liga Taekwondo DKI Jakarta Series 8. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Atlet Taekwondo asal Kota Depok, Azca (kiri merah) meraih 2 penghargaan di Liga Taekwondo DKI Jakarta Series 8. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- Muhammad Azca Jayaningrat (Azca), Atlet Taekwondo asal Kota Depok Raih 2 penghargaan sekaligus di kejuaraan Liga Taekwondo DKI Jakarta Series 8.

Kedua penghargaan tersebut diraih dalam kejuaraan yang berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, 24-27 Oktober 2024.

Sapu bersih kemenangan di 5 pertandingan, partai penyisihan sampai dengan partai final. Kelimanya dengan 2 set langsung, 2-0.

Kompetisi bergengsi Liga Taekwondo DKI Jakarta rutin diselenggarakan oleh Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) DKI Jakarta.

Liga Taekwondo DKI Jakarta 8 ini diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari perwakilan club Taekwondo, pelajar sekolah, mahasiswa perguruan tinggi, dan sejumlah personil dari kesatuan.

Pengprov TI DKI Jakarta sangat mengapresiasi antusiasme dari para peserta yang berasal dari segala penjuru DKI Jakarta, juga partisipasi peserta dari berbagai daerah lain seperti dari Kota Depok, Bekasi, Tangerang, dan lainnya.

Liga Taekwondo DKI Jakarta merupakan ajang penting bagi para atlet muda untuk mengasah kemampuan dan bersaing secara positif di bawah bimbingan para pelatih terbaik.

Kompetisi yang rutin dilaksanakan selama 3 kali dalam setahun ini juga bertujuan menjadi ajang pembinaan dan persiapan atlet menuju level yang lebih tinggi di tingkat nasional, hingga internasional.

Di kejuaraan taekwondo bergengsi ini, Muhammad Azca Jayaningrat (Azca), atlet asal Kota Depok dari Taekwondo Dekade Club Jakarta berhasil memboyong 2 penghargaan sekaligus yakni Medali Emas (Juara I) di Kategori Kyorugi Prestasi Kelas Junior U-63 Kg.

Lalu, menjadi Atlet Terbaik di Kelas Junior, menyisihkan para juara dari 10 kelas junior lainnya; U-45 Kg, U-48 Kg, U-51 Kg, U-55 Kg, U-59 Kg, U-63 Kg, U-68 Kg, U-73 Kg, U-78 Kg, dan U+78 Kg.

Berjuang melalui 5 pertandingan sejak babak penyisihan hingga babak final, atlet yang juga siswa Kelas XII SMAN 4 Depok ini menyapu bersih setiap babaknya dengan 2 set langsung, 2-0.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dengan hasilnya. Semua lawan di setiap babak sangat tangguh, tidak ada yang mudah, namun saya berusaha fokus, tenang dan yang terpenting mendengarkan instruksi pelatih," ujar Azca dalam siaran pers yang diterima, Senin (28/10/2024).

Anak ke-dua dari tiga bersaudara ini telah menekuni cabang olah raga taekwondo sejak usia 5 tahun.

Terinspirasi dari kekagumannya pada tokoh remaja Xiao Dre yang diperankan Jaden Smith di film “The Karate Kid”, Azca oleh orang tuanya didaftarkan ke dalam club Taekwondo yang ada di wilayah tempat tinggalnya di Kota Depok.

Berlanjut terus hingga saat ini bergabung di Kelas Prestasi Taekwondo Dekade Club Jakarta yang digawangi oleh Master DAN V Kukkiwon, Charles Christoforus.

Kecintaan Azca sebagai taekwondoin membuatnya konsisten selama belasan tahun berlatih, dan membawanya meraih berbagai prestasi yang membanggakan.

Tahun 2024 ini di antaranya Medali Perak (Juara II) Kejuaraan Piala Wali Kota Jakarta Pusat, Medali Perak (Juara II) Kejuaraan Nasional Piala Kemenpora RI Indonesia Student Sport Championship (ISSC) 2, Medali Perunggu (Juara III) Kejuaraan Liga Taekwondo DKI Jakarta 7, dan Medali Perunggu (Juara III) Kejuaraan Nasional Panglima Kostrad (Pangkostrad) Cup”.

Pencapaian Medali Emas, dan sebagai Atlet Terbaik (diumumkan saat penutupan, 27 Oktober 2024) di Liga Taekwondo DKI Jakarta 8 ini tentu membuat Azca yang mengidolakan Atlet Nasional Peraih Medali Emas SEA Games 2021, Muhammad Bassam Raihan. Azca lebih termotivasi dan bersemangat untuk mengukir prestasi yang lebih tinggi.

“Saya menyadari perjuangan masih panjang, harus terus berlatih keras dan disiplin, tapi saya yakin, InsyaAllah dengan doa dan dukungan orang tua, serta bimbingan dari para pelatih, terutama Sabeum Nim Charles dan Sabeum Daniel, saya bisa mewujudkan mimpi menjadi atlet Taekwondo nasional, seperti idola saya, Sabeum Bassam. Mohon doanya yah!," tutur Azca tersenyum bangga. (***)

× Image