Home > Nasional

Pramono-Rano Sulit Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

Hasil survei tersebut, lanjut Jamil, justru mengindikasikan pasangan Pramono-Rano dan Ridwan-Suswono masih mempunyai peluang yang sama untuk menang.
Pasangan Pramono Anung-Rano Karno di Pilgub Jakarta 2025. (Foto: Dok REPUBLIKA)
Pasangan Pramono Anung-Rano Karno di Pilgub Jakarta 2025. (Foto: Dok REPUBLIKA)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK - Hasil survei LSI memberi harapan besar bagi pasangan Pramono Anung-Rano Karno untuk memenangkan Pilgub Jakarta 2024.

Dengan elektabilitas 41,6 persen, Pramono-Rano unggul tipis atas Ridwan Kamil-Suswono (37,4 persen).

Hasil survei LSI tersebut mendapat tanggapan dari Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta M Jamiluddin Ritonga di Jakarta, Kamis (24/10/2024).

Menurut pengamat yang kerap disapa Jamil ini, keunggulan tipis Pramono-Rano itu tentu belum dapat dijadikan acuan pasangan ini akan menang satu putaran. Apalagi margin of error penelitian LSI tersebut 2,9 persen.

"Jadi, kalau dilihat hasil survei dengan margin of error 2,9 persen, maka elektabilitas pasangan Pramono-Rano dan Ridwan-Suswono sebenarnya relatif seimbang. Karena itu, hasil survei LSI tidak cukup dijadikan dasar untuk menyatakan pasangan Pramono-Rano atau Ridwan-Suswono akan menang satu putaran," jelasnya.

Hasil survei tersebut, lanjut Jamil, justru mengindikasikan pasangan Pramono-Rano dan Ridwan-Suswono masih mempunyai peluang yang sama untuk menang. Namun siapa pun yang menang, tampaknya sulit diperoleh melalui satu putaran.

Sebab, elektabilitas dua pasangan tersebut hingga 27 November 2024 tampaknya tidak akan jauh berbeda. Namun di antara dua pasangan calon tersebut kiranya tidak akan ada yang mampu mencapai 50 plus 1.

"Pilgub Jakarta 2024 tampaknya akan berlangsung dua putaran. Pada putaran kedua, akan saling berhadapan Ridwan-Suswono dengan Pramono-Rano. Siapa pemenangnya pada putaran kedua, tampaknya masih sulit diprediksi," tandas Jamil. (***)

× Image