Home > Lingkungan

Raih Penilaian Tertinggi, UID Jakarta Raya Raih Penghargaan Platinum Papua Pada ESG Nusantara Plaudit 2024

ESG Nusantara Plaudit menilai keberlanjutan perusahaan dalam mengatasi risiko lingkungan dan sosial, serta tata kelola bisnis yang bertanggung jawab.
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran menerima langsung penghargaan “Platinum Papua” dengan peroleh skor 95 dalam ajang ESG Nusantar Plaudit 2024 di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (18/10/2024). (Foto: PLN)
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran menerima langsung penghargaan “Platinum Papua” dengan peroleh skor 95 dalam ajang ESG Nusantar Plaudit 2024 di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (18/10/2024). (Foto: PLN)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya berhasil meraih peringkat tertinggi “Platinum Papua” dalam ajang ESG Nusantara Plaudit 2024 yang digelar di Bali Room, Hotel Kempinski, Jakarta, pekan lalu.

ESG Nusantara Plaudit, yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility, menilai keberlanjutan perusahaan dalam mengatasi risiko lingkungan dan sosial, serta tata kelola bisnis yang bertanggung jawab. Penghargaan ini memiliki tiga kategori utama, yaitu Platinum Papua (90-100), Gold Kalimantan (80-90), dan Silver Sumatera (70-80). PLN UID Jakarta Raya sukses meraih skor 95 dari 100, menjadikannya penerima penghargaan tertinggi di antara unit-unit PLN lainnya.

“Penghargaan Platinum Papua ini adalah bukti komitmen kami dalam menjalankan program-program yang selaras dengan prinsip ESG. Kami percaya bahwa keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan sosial bukan hanya tanggung jawab perusahaan, tetapi juga bagian penting dalam menciptakan masa depan yang lebih baik,” ujat General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran di Jakarta, Senin (21/10/2024).

Penghargaan ini diraih melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan yang bertajuk PLN Ecogreen Industry for Sustainability Economy of Indonesia. Program ini mencakup berbagai inisiatif yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, seperti program SMK Bersinar Bersama ELVIS (Electric Vehicle Conversion) dan pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Hub UMK Jakarta Raya.

“Melalui program PLN Ecogreen Industry for Sustainability Economy of Indonesia, kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan mendorong ekonomi yang berkelanjutan,” ungkap Lasiran.

Program SMK Bersinar Bersama ELVIS merupakan kolaborasi PLN UID Jakarta Raya dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jakarta, seperti SMKN 1, SMKN 26, dan SMKN 55. Program ini bertujuan untuk melatih siswa/i SMK dalam konversi kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) menjadi kendaraan listrik. Sejak dimulai pada tahun 2022, program ini telah berhasil mengonversi 8 unit motor dan 2 unit mobil.

Selain itu, PLN UID Jakarta Raya juga aktif membina 913 UMKM melalui Hub UMK Jakarta Raya, sebuah wadah untuk pendampingan dan pemberdayaan UMKM yang dibentuk pada Juni 2023. Dalam kurun waktu 1,5 tahun, ratusan UMKM binaan ini telah mendapatkan bimbingan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan bisnis mereka, sehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. ***

× Image