Home > Kuliner

Kemandirian UMKM di Paser, Kalimantan Timur, Kian Diperkuat oleh YDBA dan PAMA

Pembinaan melalui LPB bukan hanya pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dan pembiayaan, tetapi juga mendukung/ memfasilitasi perizinan UMKM.
Pemilik UMKM Kuliner Resya Cake Binaan Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan PT Pamapersada Nusantara (PAMA), Rusliana (ketiga kanan) menjelaskan bisnis kulinernya kepada Sekretaris Pengurus YDBA Ema Poedjiwati Prasetio dan Deputy Project Manager PAMA Site Kideco Nanang Yusanto dalam kegiatan #UMKMSiapBeraksi di Paser, Kalimantan Timur, awal pekan ini. (Foto Dok Ruzka Indonesia/YDBA)
Pemilik UMKM Kuliner Resya Cake Binaan Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan PT Pamapersada Nusantara (PAMA), Rusliana (ketiga kanan) menjelaskan bisnis kulinernya kepada Sekretaris Pengurus YDBA Ema Poedjiwati Prasetio dan Deputy Project Manager PAMA Site Kideco Nanang Yusanto dalam kegiatan #UMKMSiapBeraksi di Paser, Kalimantan Timur, awal pekan ini. (Foto Dok Ruzka Indonesia/YDBA)

RUZKA INDONESIA - Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) berkolaborasi menjalankan pembinaan UMKM, salah satunya di wilayah kerja PT Pamapersada Nusantara (PAMA) site Kideco dengan mendirikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Daya Taka (LPB PDT) di wilayah Paser, Kalimantan Timur.

Sejak didirikan tahun 2013, LPB PDT terus menunjukkan pencapaian dalam membina UMKM di wilayah Paser, khususnya di wilayah Kecamatan Batu Sopang Desa Batu Kajang, Kasungai, Legai, Samurangau, Sungai Terik, Songka dan Kecamatan Muara Samu Desa Rantau Bintungan, Biu serta Desa Muser. Saat ini LPB PDT telah membina 284 UMKM di sektor kuliner, hortikultura, bengkel Roda 2, perikanan juga perkebunan,

Pembinaan dilakukan YDBA dan Pama melalui LPB bukan hanya pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dan pembiayaan, tetapi juga mendukung/memfasilitasi perizinan UMKM, salah satunya di sektor kuliner. Sebanyak 77 UMKM kuliner telah mendapatkan perizinan usaha yang difasilitasi LPB, baik Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan juga sertifikasi halal.

Guna mengetahui pencapaian UMKM yang telah mendapatkan program pembinaan, pada 10 September 2024 lalu, YDBA bersama PAMA dan beberapa stakeholder dari Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Tim Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur melakukan kunjungan yang dikemas dalam progam #UMKMSiapBeraksi. Beberapa UMKM yang dikunjungi, antara lain UMKM Kuliner Resya Cake, Galeri Mamere dan UMKM Perikanan Mutiara Bersama Fish.

Hadir dalam kegiatan tersebut, yaitu Sekretaris Pengurus YDBA, Ema Poedjiwati Prasetio; Bendahara Pengurus YDBA, Agung K. Sampurno; Advisor YDBA, Tonny Sumartono; Deputy Project Manager PAMA Site Kideco, Nanang Yusanto; CSR Section Head PAMA, Suryadi; Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Bidang UMKM Otorita IKN, Farid Manaf dan Kabid Bea Cukai Wilayah Kalimantan Timur, Nugroho.

Saat itu juga dilakukan penandatanganan komitmen kolaborasi yang melibatkan UMKM Pertanian binaan LPB PDT yang dipercaya memasok hasil budidaya pertanian hortikulturanya ke sektor catering, yaitu PT Titunggal Hasta Brata, PT Tanjung Paser Abadi dan PT Bali Indah Nusantara.

Sekretaris Pengurus YDBA Ema Poedjiwati Prasetio dalam kegiatan #UMKMSiapBeraksi ini menyampaikan, bahwa seluruh pencapaian atas kerja keras Astra melalui YDBA, Pama maupun LPB PDT ini diharapkan dapat menjadi semangat para UMKM untuk terus meningkatkan pencapaiannya, termasuk keberhasilan UMKM pertanian yang akan memasok hasil budidayanya ke sektor catering. Ema juga berharap, kolaborasi tersebut dapat berjalan secara sustain dengan tetap mengedepankan QCD (quality, cost, delivery) yang bisa dijaga oleh teman-teman UMKM.

Sedangkan Deputy Project Manager PAMA Site Kideco Nanang Yusanto menyampaikan, bahwa PAMA akan terus berkomitmen menjalankan pembinaan yang berkelanjutan terhadap UMKM binaan. Nanang juga menjelaskan, bahwa PAMA hingga kini terus mendorong para UMKM binaan untuk melakukan inovasi dalam menjalankan usahanya. Sehingga, melalui inovasi tersebut diharapkan para UMKM dapat meningkatkan kesejahteraannya. ***

× Image