Home > Iptek

Gala Dinner ISF 2024 Berlangsung Megah dengan Pasokan Andal PLN

PLN telah memastikan bahwa pasokan listrik tanpa kedip untuk perhelatan Gala Dinner International Sustainability Forum (ISF) 2024 .
Gala Dinner ISF 2024 berlangsung megah penuh cahaya yang dipasok dari listrik andal tanpa kedip dari PLN di Jakarta, Jumat (6/9/2024).
Gala Dinner ISF 2024 berlangsung megah penuh cahaya yang dipasok dari listrik andal tanpa kedip dari PLN di Jakarta, Jumat (6/9/2024).

RUZKA INDONESIA - Gala Dinner Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, berlangsung megah berkat pasokan listrik dari PLN. Gala Dinner ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para tamu dan momen yang membanggakan bagi Indonesia sebagai tuan rumah.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran mengungkapkan bahwa pihaknya turut bangga menjadi bagian dari momen bersejarah bagi Indonesia.

"PLN telah memastikan bahwa pasokan listrik tanpa kedip untuk perhelatan Gala Dinner ISF 2024 ini," jelas Lasiran di Jakarta, Jumat (6/9/2024).

PLN telah menyiapkan suplai listrik 4 lapis untuk Gala Dinner ISF 2024. Pasokan listrik tersebut berasal dari 2 subsistem berbeda, serta didukung dengan beberapa peralatan keandalan yaitu 1 Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas 1.000 kVA, 5 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) total kapasitas 1.160 kVA, dan 1 unit genset kapasitas 600 kVA.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Menteng, Ariadi Wisnu Sukendar, mengatakan bahwa PLN dirinya dan petugas PLN lainnya bersiaga langsung di lokasi Gala Dinner untuk memastikan kelancaran pasokan listrik PLN.

"Kami kawal terus pasokan listrik untuk Gala Dinner ini. Kami senang sekali seluruh rangkaian acara Gala Dinner berlangsung lancar tanpa adanya gangguan apapun," ungkap Wisnu.

Lasiran menambahkan keandalan pasokan tersebut menunjukkan kesiapan PLN untuk melistrikan event bertaraf internasional.

"Kami turut bangga dapat menyukseskan agenda kenegaraan bertaraf internasional seperti gala dinner di Monas ini. Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, untuk berbagai event internasional maupun domestik," tutup Lasiran. ***

Pesan Dialog dan Perjumpaan dari Paus Fransiskus dan Nasaruddin Umar

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ada pemandangan yang begitu mengharukan ketika Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar bertemu dengan Paus Fransiskus, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (5/9/2024). Pada pertemuan itu, Nasaruddin Umar mencium kening Paus Fransiskus yang duduk di kursi roda. Dengan lembut juga, Paus ganti mencium tangan Nasaruddin Umar.

Momen itu terjadi ketika Paus Fransiskus bertolak dari Masjid Istiqlal.

Sebelumnya, selama beberapa saat, pemimpin umat Katolik sedunia tersebut menjadi saksi atas pemanfaatan Terowongan Silaturahim yang menghubungkan antara Masjid Istiqlal dan Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta.

"Saya ucapkan selamat kepada Anda sekalian karena Terowongan Silaturahim ini bisa menjadi tempat dialog dan perjumpaan," katanya saat mengunjungi Terowongan Silaturahim.

Menurut Paus Fransiskus, adad filosofi di balik sebuah terowongan. Biasanya, terowongan merupakan lorong yang gelap. Namun, berbeda dengan Terowongan Silaturahim ini.

Terowongan Silaturahim tersebut membantu umat dari tradisi keagamaan yang berbeda-beda untuk menyeberangi kegelapan menuju dunia yang terang.

Paus Fransiskus berharap Terowongan Silaturahim yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta bisa menjadi wadah antarumat beragama untuk melalui perjalanan bersama dan juga mewujudkan persahabatan yang mengantarkan umat manusia menuju dunia yang terang benderang.

Nasaruddin Umar menjelaskan, terowongan tersebut juga memiliki banyak simbol artistik dan melambangkan toleransi beragama di Indonesia. Terowongan tersebut tidak saja menjadi jembatan bagi umat Islam dan Katolik, tetapi juga umat manusia.

Dua tetes air

Sebelumnya, Paus Fransiskus mengungkapkan bahwa di dunia ini tidak ada dua tetes air yang sama yang dialami oleh manusia, tidak juga saudara-saudari bahkan saudara kembar pun tetes air nya pun sama sekali tidak identik.

Ungkapan tentang dua tetes air ini melukiskan persaudaran yang sempurna disampaikan Bapa Suci Fransiskus dalam audiensi bersama para uskup, romo, biarawan dan biarawati, seminaris dan katekis di Gedung Gereja Katedral Jakarta, Rabu (4/9/2024).

“Menghidupi pesaudaran, antara lain berarti menyambut satu sama lain, mengakui satu sama lain sederajat dalam perbedaan. Nilai ini pun akrab dengan Gereja Indonesia,” tutur Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus melanjutkan, persaudaraan itu sudah ditunjukkan oleh Gereja Indonesia dengan sikap terbuka pada budaya, etnik sosial dan agama dari dalam dan dari luar. Gereja Indonesia, tandas Paus, juga telah menghargai sumbangsih dari semua orang dan dengan murah hati menawarkan bantuan dalam setiap situasi.

Menurut Paus Fransiskus, sikap ini penting karena mewartakan Injil bukan berarti memaksakan iman atau mempertentangkannya dengan iman orang lain. Mewartakan Injil harus selalu dengan sikap penghargaan dan kasih sayang persaudaraan untuk semua orang.

“Saya terkesan dengan satu sikap, yakni saling bergandengan tangan seperti diungkapkan Romo Maxi. Inilah para nabi persatuan, ketika dunia ini digerakkan oleh tendensi memecah belah, memaksa dan memprovokasi satu sama lain terus-menerus meningkat. Anda tahu apa yang memecah belah? Semua itu tentu saja kerja setan. Jadi hati-hati!”tandas Paus Fransiskus.

Kasih sayang dan persaudaraan

Dalam kesempatan tersebut, Paus Fransiskus juga mengutarakan soal kasih sayang, yang sangat erat kaitannya dengan persaudaraan. Bagi Paus, kasih sayang bukanlah memberikan sedekah kepada saudara-saudari yang membutuhkan, memandang mereka dari “menara” keamanan dan kesuksesan kita sendiri.

“Sebaliknya, kasih sayang berarti mendekatkan diri kita satu sama lain, menghilangkan segala sesuatu yang dapat mencegah kita untuk merendahkan diri dan menyentuh mereka yang terjatuh, mengangkat mereka dan memberi mereka harapan,” tutur Paus.

Terakhir, Paus Fransiskus mendorong kita tetap kuat dalam iman, terbuka untuk semua dalam persaudaraan, dan dekat satu sama lain dalam kasih sayang.

“Saya memberkati Anda dan berterima kasih atas semua kebaikan yang Anda lakukan setiap hari! Saya akan berdoa untuk Anda dan saya memohon, tolong, doakan saya juga. Terima kasih,” tutup Paus Fransiskus. (*)

Gerakan Anti Ruam Baby Happy Diapers Kolaborasi Bersama Puskesmas di Indonesia

RUZKA INDONESIA – Mendukung tumbuh kembang bayi bebas ruam popok, Baby Happy Diapers, merek popok bayi dari Wings Care, kembali menggaungkan kampanye Gerakan Anti Ruam secara berkelanjutan. Kali ini kegiatan Baby Happy Goes to Puskesmas diadakan di RPTRA Teratai, Jakarta Selatan (5/9/2024).

Jennifer Pratama sebagai Brand Manager Baby Happy Diapers mengatakan, pihaknya memahami bagaimana setiap orang tua selalu ingin memiliki momen bahagia bersama buah hatinya. Namun, tidak dapat dipungkiri rasa khawatir juga bisa muncul ketika buah hatinya terkena iritasi kulit yang membuat kondisi bayi tidak nyaman.

Melalui inisiasi Gerakan Anti Ruam ini, kami mendorong satu langkah Indonesia bebas ruam dengan rajin mengganti popok sehingga kesehatan kulit bayi dapat terjaga dengan baik,” ujarnya.

Jennifer menambahkan, edukasi Gerakan Anti Ruam tidak hanya dilakukan secara offline ke puskesmas melainkan secara daring via Baby Happy Parenting Club untuk menjangkau seluruh orang tua di Indonesia. Dari segi produk, Baby Happy Diapers telah dilengkapi dengan air through technology yang membuat permukaan popok lembut. Ditambah lagi memiliki daya serap ekstra dan daya tampung cairan hingga 500 ml sehingga kulit bayi tetap kering saat memakai popok.

Drg Evelyn Hotma selaku Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan mengapresiasi kegiatan di RPTRA Teratai tersebut. Untuk itu, pihaknya mendukung dan mengapresiasi Gerakan Anti Ruam Baby Happy Diapers guna mengedukasi masyarakat terkait langkah preventif terjadinya ruam popok.

“Kolaborasi ini penting dilakukan agar lebih banyak orang tua memahami pencegahan dan penangan ruam popok sehingga anak-anak Indonesia dapat tumbuh sehat ke depannya. Tentunya, dibarengi dengan asupan gizi seimbang dan pola tidur yang benar,” jelas drg. Evelyn.

Sementara dr. Eva Melinda selaku Dokter yang turut mengedukasi ribuan ibu-ibu di puskesmas, mengatakan, pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan anak, tidak hanya nutrisi yang harus diperhatikan, melainkan juga kesehatan anak secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit.

“Apabila masalah ruam popok tidak ditangani, maka tumbuh kembang pada bayi dapat terganggu akibat rasa gatal dan tidak nyaman yang menyebabkan kualitas tidurnya menurun, dermatitis, bahkan infeksi bakteri dan jamur. Agar terhindar dari iritasi kulit yang disebabkan oleh ruam popok, maka setiap orang tua perlu memastikan bahwa popok anak diganti paling lama setiap 4 jam sekali sesuai anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Kemudian, pastikan kulit bayi sudah dilap kering sebelum dipakaikan popok kembali agar tidak terasa lembab,” paparnya. ***

Menteri Bintang Kawal Penanganan Kasus Kekerasan Seksual Guru Ngaji

RUZKA INDONESIA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga memastikan pihaknya mengawal penanganan kasus kekerasan seksual terhadap anak yang dilakukan oknum guru ngaji di Purwakarta, Jawa Barat, hingga tuntas.

"Kami akan terus mengawal kasus ini hingga tuntas. Korban dan keluarga mereka membutuhkan kepastian hukum. Putusan cepat dan tegas juga akan memberikan efek jera bagi pelaku. Putusan hakim saat ini di Pengadilan Negeri Purwakarta, yang dihadiri oleh tim layanan SAPA bersama tim Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), ditunda," kata dia dalam keterangan di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Dia mengatakan hal itu saat mengunjungi para korban kekerasan seksual dalam kasus ini.

Pihaknya berharap, putusan hakim nanti dapat memberikan keadilan bagi para korban.

"Kami berharap putusan hakim nanti sesuai dengan tuntutan jaksa dan memberikan keadilan bagi para korban. Pelaku harus dihukum seberat-beratnya agar kasus seperti ini tidak terulang kembali," katanya.

Menteri PPPA menyampaikan proses pendampingan bagi para korban telah dilakukan secara intensif oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) dan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Purwakarta.

Terdapat empat korban yang diduga telah menjadi korban persetubuhan oleh pelaku sesuai hasil visum et repertum dan 11 korban lainnya diduga menjadi korban pencabulan oleh pelaku.

Tersangka dalam kasus ini dijerat dengan Pasal 81 jo Pasal 76D dan/atau Pasal 82 jo 76E UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Pelaku juga dapat dikenai tambahan pidana sepertiga masa tahanan karena tersangka merupakan tenaga pendidik.

Dalam kasus ini dapat disertai proses pelaksanaan restitusi kepada korban demi pemulihan fisik dan psikis korban. ***

Allianz Syariah Bayarkan Klaim Nasabah AlliSya Handal

RUZKA INDONESIA – PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) kembali menunjukkan komitmennya dengan pembayaran klaim meninggal dunia kepada nasabah AlliSya Handal yang dipasarkan melalui program AZPRO.

Penyerahan klaim secara seremonial dilakukan di Bali kepada keluarga almarhum Samsuddin, yang turut dihadiri secara langsung oleh Ginawati Djuandi, Country Chief Agency Officer Allianz Life dan perwakilan agency leaders Allianz.

AZPRO merupakan program yang memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk bergabung dan membantu lebih banyak lagi masyarakat Indonesia agar terlindungi asuransi, membangun keamanan finansial, serta melindungi kesejahteraan generasi mendatang.

”Melalui program AZPRO, kita bisa memberikan akses perlindungan asuransi kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia sekaligus membantu pemberdayaan ekonomi keluarga, seperti Almarhum Bapak Samsuddin. Dengan komitmen yang sama, Allianz Indonesia akan terus melindungi keluarga Indonesia agar memiliki masa depan yang lebih sejahtera,” ujar Ginawati.

Diketahuai, almarhum Samsuddin merupakan seorang nelayan dan penjual ikan dari Lombok Timur. Beliau meninggalkan satu orang istri dan tiga orang anak yang masih bersekolah, paling kecil berusia 8 tahun. Meskipun Almarhum tidak memiliki penghasilan yang cukup besar sebagai nelayan, namun tetap menyisihkan sebagian penghasilannya untuk menyiapkan masa depan yang terbaik bagi keluarga dengan memiliki produk asuransi AlliSya Handal sebagai proteksi untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, terutama kebutuhan pendidikan bagi anak-anaknya di mana saat ini anak pertamanya masih menempuh pendidikan di Universitas Mataram.

“Allianz Indonesia menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada keluarga almarhum Bapak Samsuddin. Kami memastikan bahwa klaim akan segera dibayar sesuai ketentuan Polis untuk membantu keluarga yang ditinggalkan. Kami menyadari betapa pentingnya proteksi asuransi bagi keluarga ketika tulang punggung keluarga berpulang. PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan Allianz Syariah melalui produk Allianz PASTI dan AlliSya Handal yang dipasarkan melalui program AZPRO berkomitmen untuk melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia,” ungkap Ginawati Djuandi, Country Chief Agency Officer Allianz Life. ***

Langgar Kode Etik KPK, Nurul Ghufron Disanksi Potong Gaji

RUZKA INDONESIA - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron telah melanggar kode etik sebagai insan KPK dengan mengintervensi proses mutasi seorang aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian Pertanian.

"Menyatakan terperiksa Nurul Ghufron terbukti menyalahgunakan pengaruh untuk kepentingan pribadi sebagaimana diatur dalam Pasal 4 ayat (2) huruf b Peraturan Dewan Pengawas Nomor 3 Tahun 2021 tentang Penegakan Kode Etik dan Kode Perilaku KPK," kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean selaku Ketua Majelis Sidang Kode Etik KPK pada sidang di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2024).

Dewas KPK kemudian menyatakan memberikan sanksi sedang kepada Nurul Ghufron berupa teguran tertulis dan pemotongan penghasilan sebesar 20 persen selama enam bulan.

Dewas KPK menyatakan hal yang memberatkan Nurul Ghufron adalah tidak mendukung upaya pemerintah menghilangkan praktik-praktik nepotisme dengan menggunakan pengaruh serta tidak menjaga muruah KPK sebagai lembaga antikorupsi dan tidak melakukan perbuatan yang dapat menyebabkan citra KPK di masyarakat semakin menurun.

Kemudian tidak menyesali perbuatannya, tidak kooperatif dengan menunda-nunda persidangan sehingga menghambat kelancaran proses sidang.

"Selain itu, terperiksa (Ghufron) juga aktif memberikan keterangan dan pernyataan kepada media tentang apa yang dilakukannya sehingga menyebabkan pemberitaan tentang perbuatan terperiksa semakin meluas," kata Tumpak.

Sedangkan hal yang meringankan adalah terperiksa belum pernah dijatuhi sanksi etik.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron pada awal Desember 2023 diadukan ke Dewas KPK terkait dugaan penyalahgunaan wewenang terkait komunikasi dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono.

Komunikasi tersebut dilakukan untuk membantu mutasi aparatur sipil negara Kementerian Pertanian bernama Andi Dwi Mandasari dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian ke BPTP Kementerian Pertanian di Malang, Jawa Timur. ***

Gitaris Metal Fritz Faraday Diendorse Blackstar Amplification

RUZKA INDONESIA - Fritz Faraday, gitaris ikonik sekaligus motor unit djent metal asal Indonesia, Bless The Knights diendorse oleh merek amplifier, Blackstar Amplification. Hal ini diumumkan PT Citra Intirama sebagai distributor instrumen musik terbesar di Tanah Air.

Head of Marcomm PT Citra Intirama, Rizky Milaz mengatakan bahwa nama Fritz sudah lama menjadi target sebagai duta merek. Hal itu kemudian berhasil menjadi kenyataan saat kedua pihak menandatangani kontrak yang berlangsung selama tiga tahun ke depan.

"Fritz telah lama menjadi incaran kami untuk dijadikan brand ambassador, menemani produser terkenal Denny Chasmala, yang sebelumnya telah lebih dahulu menjadi brand ambassador Blackstar Amplification," ucap Rizky Milaz.

"Kami percaya bahwa kehadiran Fritz di keluarga Blackstar akan membawa dampak positif bagi brand ini di Indonesia, terutama di skena metal modern," tuturnya.

Kerja sama endorsement dengan Blackstar Amplification tidak hanya menandai pencapaian besar dalam karier musik Fritz, tetapi juga menempatkan nama Indonesia dalam peta dunia musik internasional, terutama dalam genre djent yang semakin berkembang.

Fritz Faraday dikenal karena keterampilan bermain gitarnya yang memukau dan penampilannya yang luar biasa di atas panggung. Sejak memulai karier musiknya pada tahun 2009 bersama band Blitzkrieg, ia telah berhasil menarik perhatian banyak penggemar musik.

Unit musik besutannya tersebut pernah menjadi pembuka untuk eks drummer Dream Theater, Mike Portnoy, di Jakarta, yang menjadi momen bersejarah dalam perjalanan kariernya.

Bersama Bless The Knights, Fritz juga telah menghasilkan karya-karya luar biasa yang telah membawa nama band ini dikenal di industri musik Indonesia terutama sebagai pelopor musik djent.

Dikenal tidak hanya karena kemampuan teknisnya dalam bermain gitar, tetapi juga karena sikap profesional dan etika kerjanya, Fritz Faraday telah menjadi teladan bagi banyak musisi muda.

"Saya sangat bersemangat untuk dapat berkolaborasi dengan Blackstar Amplification. Produk mereka sudah terkenal di kalangan musisi dunia, dan saya merasa terhormat bisa menjadi bagian dari keluarga Blackstar," kata Fritz Faraday dalam keterangannya saat acara penandatanganan kontrak endorsement.

Tidak hanya dikenal di dunia musik, Fritz juga sangat sukses di bidang pendidikan. Ia memiliki gelar S1 di Teknik Kimia dari Universitas Indonesia dan Curtin University-Perth, serta gelar S2 di bidang Bisnis dari Prasetiya Mulya.

Kombinasi antara pendidikan yang mumpuni dan karier musik yang cemerlang menjadikannya sebagai sosok yang inspiratif.

"Dalam setiap langkah yang saya ambil, saya selalu berusaha untuk belajar dan mengembangkan diri, baik sebagai musisi maupun sebagai individu. Pendidikan adalah bagian penting dari perjalanan saya," kata Fritz.

Sejak 2009, Fritz Faraday telah mengukir namanya di skena musik Indonesia. Bersama Bless the Knights, ia telah meraih tiga kali nominasi AMI Awards, pada tahun 2016, 2019, dan 2023.

Keberhasilan ini menunjukkan dedikasi dan bakat luar biasanya yang terus diakui oleh industri musik. "Nominasi AMI Awards adalah salah satu pencapaian tertinggi dalam karier saya, dan saya sangat bersyukur atas pengakuan tersebut," ujar Fritz.

Selain Blackstar Amplification, Fritz juga merupakan endorsee dari beberapa merek ternama lainnya, termasuk Solar Guitars, NUX Audio, Avara In Ear Monitor, Laidback Pick, dan Fivefingers String Dampener. Dukungan dari merek-merek ini menandakan kepercayaan yang tinggi terhadap bakat dan reputasinya sebagai salah satu gitaris terbaik di Indonesia.

Dengan resmi diendorse oleh Blackstar Amplification, Fritz Faraday berharap dapat membawa musik djent Indonesia ke level yang lebih tinggi. Ia ingin menjadikan pengalaman dan pengetahuannya dalam musik sebagai inspirasi bagi generasi muda musisi Tanah Air.

"Saya ingin menunjukkan bahwa dengan kerja keras dan dedikasi, kita bisa mencapai impian kita. Mari kita bersama-sama mengangkat musik Indonesia ke kancah internasional," ucapnya.

× Image