Home > Nasional

Wakil Wali Kota Depok Tegaskan Pentingnya Budaya Memilah Sampah Sejak dari Rumah

Upaya pemilahan perlu ditindaklanjuti, untuk mengatasi persoalan sampah di Kota Depok
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA -- Pemerintah Kota (Pemkot) menegaskan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) juga masyarakat untuk masif melakukan pemilahan sampah, khususnya sampah rumah tangga.

Upaya pemilahan perlu ditindaklanjuti, untuk mengatasi persoalan sampah di Kota Depok.

“Upaya mengatasi persoalan sampah terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Produksi sampah perlu ditekan dari rumah tangga, untuk itu kami minta masyarakat memilah dari hulu. Yaitu sampah rumah tangga,” ujar Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat kegiatan Apel Pagi di Halaman Balai Kota Depok, Senin (02/09/2024).

ASN, lanjut Imam diimbau jadi percontohan pemilahan sampah dari rumah tangga. Dengan begitu, diharapkan seluruh masyarakat juga mengikuti.

“Kami juga sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) penanganan sampah di tiap kecamatan dengan penunjukan ketua yaitu eselon II. Diharapkan, upaya ini juga didukung dari wilayah, baik di Tingkat RW bahkan RT,” jelas Imam.

Sebagai contoh, lanjutnya, pengolahan sampah yang dinilai berhasil yaitu di RW 07 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung dan belum lama ini juga mendapatkan penghargaan Pro Iklim (Proklim) Lestari. Imam Budi Hartono meminta seluruh RW bisa melakukan study tiru ke RW 07 Ratujaya.

“Mudah-mudahan berharap, masyarakat dapat mengubah mindset dari membuang sampah tercampur, menjadi membuang sampah residu. Artinya yang benar-benar tidak bisa diolah," ucap Imam.

"Karena dengan dipilah, kita telah menekan sampah yang terbuang ke TPA Cipayung. Mudah-mudahan kesadaran masyarakat terus meningkat," pungkas Imam. (***)

× Image