Home > Nasional

PWI Kota Depok Bahas Strategi Pemberitaan Guna Sukseskan Pilkada 2024, Menyenangkan dan Menyala

Warga Kota Depok, selain memilih Wali Kota-Wakil Wali Kota, juga akan menyalurkan hak suaranya untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat, pada 27 November 2024
FGD PWI dan IJTI dengan Bakesbangpol Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata Depok, Senin (26/08/2024). (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
FGD PWI dan IJTI dengan Bakesbangpol Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata Depok, Senin (26/08/2024). (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA -- Salah satu tahapan penting Pilkada 2024 sudah di depan mata. Selasa besok (27/8/2024) hingga Kamis (29/08/2024), tahapan pendaftaran calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Depok digelar.

Warga Kota Depok, selain memilih Wali Kota-Wakil Wali Kota, juga akan menyalurkan hak suaranya untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat, pada 27 November 2024.

Guna menyukseskan agenda Pilkada 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpok) Kota Depok bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonedia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) menggelar Focus Group Discussions (FDG).

Bertema "Optimalisasi Peran Jurnalis dalam Sosialisasi, Edukasi, dan Literasi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kota Depok", FGD tersebut digelar di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok, Senin (26/8/2024).

Forum diskusi ini membahas topik khusus seputar "Rumusan topik-topik pemberitaan yang mendorong pemilih memanfaatkan hak pilihnya pada Pilkada Kota Depok 2024".

FGD dibuka Wali Kota Depok, yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Depok Raden Gandara Budiana. Hadir pula Kepala Diskominfo Kota Depok Manto.

Tampil sebagai keynote speaker Kepala Bakesbangpol Kota Depok N. Lienda Ratnanurdianny.

Sementara pemateri tema dan topik FGD, yakni Ketua KPU Kota Depok Willi Sumarlin, Ketua Bawaslu Kota Depok M. Fathul Arif, dan Dekan Fisip UI Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto.

FGD diikuti 100 jurnalis anggota PWI dan IJTI Kota Depok. Mereka Pemimpin Redaksi dan jurnalis media cetak, televisi, dan media online yang sehari-hari menjalankan tugas jurnalistik di Kota Depok.

Kepala Bakesbangpol Lienda dalam paparan menegaskan pihaknya melaksanakan sejumlah kegiatan guna menyukseskan pesta demokrasi pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota dan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2025-2030.

Salah satu di antaranya dengan menjalin sinergi intens dengan insan pers, melalui PWI dan IJTI. Kedua organisasi profesi wartawan ini adalah konstituen Dewan Pers, yang memiliki cabang di Kota Depok.

"Seluruh komponen bangsa perlu menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan tahapan Pilkada. Pers atau media massa termasuk di dalamnya, yang bahkan memiliki peran vital dan strategis dalam kerangka penyuksesan Pilkada," kata Lienda.

Peran penting kalangan jurnalis tersebut, menurut Lienda, harus diwujudkan melalui pemberitaan akurat, berimbang, dan tanpa hoax atas seluruh pelaksanaan tahapan Pilkada 2024.

Pemberitaan pers diharap membantu terwujudnya terciptanya suasana kondusif, aman, damai, tertib, dan lancar.

Lienda menambahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga berharap masyarakat ikut aktif mengawasi pelaksanaan Pilkada 2024 agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Karenanya, Bakesbangpol menyambut antusias Surat Edaran atau SE Mendagri yang meminta agar PWI dan IJTI sebagai konstituen Dewan Pers dilibatkan dalam program sosialisasi dan pencerdasan pemilih untuk sukses Pilkada di Kota Depok 2024," papar Lienda.

Ditegaskan pula, pemberitaan media massa yang bertanggung jawab dan profesional sangat menentukan dalam mewujudkan ajang pemilihan kepala daerah sebagai pesta demokrasi, maka pelaksanaan Pilkada 2024 diharap "menyenangkan".

"Ujung kerja sama jajaran Pemkot, instansi pelaksana Pilkada, dengan teman-teman pers diharap meningkatkan angka partisipasi pemilih di atas 80 persen dan legitimasi hasil Pilkada di Kota Depok tinggi," tandas Kepala Bakesbangpol Kota Depok N. Lienda Ratnanurdianny. (***)

× Image